DPKP Banjar Evakuasi Sarang Tawon di Kubah Musholla Muflihin Keraton

Martapura, InfoPublik - Sarang Tawon yang berada di dekat kubah Musholla Muflihin Kelurahan Keraton Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar mengakibatkan beberapa jamaah mengevakuasi selama beberapa jam.


Setelah mendapat informasi tersebut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar Rahmat Kartolo, Senin (20/6/2022) siang.


Meminta tim Rescue DPKP turun ke lapangan untuk membantu jamaah mengusir sarang tawon tersebut dengan menurunkan beberapa anggota.


“Setelah menerima informasi tim Rescue DPKP Kabupaten Banjar langsung menuju ke lokasi, di lokasi ternyata didapati Tawon berjenis Vespa Affinis yang bersarang di atas atap teras rumah,”ungkap Gusti Yudhi Kepala Seksi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Evaluasi DPKP Kabupaten Banjar.


Dikatakan Yudhi setelah disemprot dengan bahan bakar minyak jenis pertalite, mengakibatkan aroma yang menyengat dan dengan Indra penciuman tawon yang kuat maka membuat tawon terusik dan keluar dari sarang.


Ia menambahkan, Setelah tawon sudah aman dan tidak ada lagi, maka kita melakukan penghancuran sarang tawon. 


"Memastikan kondisi sarang benar benar hancur supaya tawon tidak kembali lagi, kemudian petugas memastikan sampai situasi benar benar aman,"jelas dia.


Pengurus musholla sangat berterimakasih kepada DPKP Kabupaten Banjar sudah membantu untuk menghancurkan sarang tawon.


“Kita takut kalau nantinya tawon itu selain berkeliaran area musholla terus merambat ke perumahan warga dan menyengat,"ungkapnya. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP)


Komentar