Kabar Duka, Mantan Bupati Banjar Periode 2016-2021, KH Khalilurrahman Tutup Usia

Martapura, InfoPublik - Kabupaten Banjar pada umumnya berduka, salah satu tokoh ulama kharismatik yang juga pernah pernah menjabat sebagai Bupati Banjar periode 2016- 2021 KH. Khalilurrahman tutup usia pada usia 75 tahun, dikediaman beliau Jl. Perwira No 55 RT 07/ RW 02 Tanjung Rema Kecamatan Martapura, Minggu (25/07/2021) pagi. 

Putra dari K.H. Salim Ma'Ruf tersebut wafat pada usia tahun 75 tahun, Minggu jam 9.45 Wita. Tampak ribuan jamaah saling bergantian bertakziah di rumah kediaman beliau di Jalan Perwira depan IAI Darussalam Martapura. Diantaranya Para tokoh ulama, pejabat , santri dan guru ponpes Darussalam hingga masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada tokoh ulama yang disegani dan dikagumi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menurut keluarga , KH. Khalilurrahman sudah sejak beberapa hari sebelum wafat sempat beberapa hari menderita sakit. Namun beliau meminta cukup dirawat dirumah saja . Dikabarkan beliau setahun lalu sempat berobat ke Surabaya karena menderita sakit paru- paru. 

Menurut salah satu keluarga. "Saat hari Raya Idul Adha kemarin kondisi beliau masih bugar masih bisa berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi menerima tamu, baru sejak Kamis kemarin kondisinya mulai menurun dan dirawat secara intensif di rumah," ungkapnya .

Sementara itu Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian salah satu putera terbaik daerah dan berharap segala amal ibadahnya nya diterima oleh Allah SWT dan bagi keluarga yang ditinggalkan  diberikan kesabaran dan ketabahan .

"Saya atas nama Pemerintah Daerah , Keluarga dan masyarakat mengucapkan turut berduka cita sedalam dalamnya atas kepulangan H Khalilurrahman bin H Salim Ma'ruf . Di kepimpinan beliau sebagai Bupati Banjar periode 2016 -2021 saya telah banyak belajar masalah kepemimpinan baik selalu Pimpinan Daerah maupun selalu kepala keluarga . Beliau telah banyak berjasa memajukan pembangunan di Kabupaten Banjar. Semoga segala amal perbuatan yang telah beliau lakukan selama memimpin daerah kita diganjar pahala oleh Allah SWT," ucapnya .

Seperti diketahui kiprah H Khalilurrahman bermula ketika menjadi ketua PC Nahdatul Ulama Kabupaten Banjar berlanjut menjadi ketua MUI Banjar, Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Ketua Nadzir Masjid Agung Al-Karomah Martapura. Selain itu di dunia politik beliau juga pernah menjadi anggota DPRD Banjar, DPR RI dan terkahir menjabat sebagai Bupati Banjar.

Guru Kholil begitu H Khalilurrahman disapa di shalatkan di masjid Al-Karamah Martapura sebelum Shalat Ashar dan dikebumikan setelah salat Ashar di Komplek pemakaman keluarga kubah ayah beliau KH Salim Ma' Ruf Pekauman Kecamatan Martapura Timur. 

(MC.Kominfo Kab Banjar/Fuad/Khairin/Agusoke)


Komentar