Lawatan Sejarah Bekas Tambang Batu Bara Oranje Nassau

Martapura, Infopublik - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar melalui Bidang Kebudayaan melaksanakan Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah Tahun 2021 pada hari Kamis 28 Oktober 2021

Tahun ini Lawatan sejarah dilaksanakan di bekas tambang batubara Oranje Nassau merupakan tambang batubara pertama di Indonesia yang dibangun Belanda pada Tahun 1848 dan diresmikan satu tahun setelahnya yaitu pada tahun 1849 Atau 10 tahun lebih dulu sebelum Belanda membangun tambang batubara Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar H. Muhammad Arsyad, S.Pd, SH, MM mengatakan peserta kegiatan yaitu Guru IPS di SMP Kabupaten Banjar serta Juru Pelihara atau Informan Sejarah Cagar Budaya Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Balai Arkeologi Banjarmasin Wilayah Kerja Kalimantan Selatan, Nugroho Susanto, SS sekaligus narasumber pada lawatan sejarah mengungkapkan pada masa kini banyak sekali digalakan kegiatan yang mengajak generasi penerus  untuk lebih mengenal dan mencintai sejarah Bangsa Indonesia, Khususnya sejarah daerah salah satunya adalah Lawatan Sejarah.

Sejarah sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa, karena sejarah merupakan gambaran kehidupan masyarakat di masa lampau. Melalui sejarah kita dapat lebih mengetahui dan memahami apa yang telah terjadi di masa lalu. Peristiwa atau kejadian yang telah terjadi tersebut dapat kita jadikan pedoman dan acuan dalam kehidapan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di masa kini maupun masa yang akan datang.

Banyak hal positif yang dapat disingkap dan dipelajari dari bekas tambang batubara Oranje Nassau  melalui kegiatan lawatan sejarah daerah ini, baik dari sisi sejarah, ilmu pengetahuan lainnya maupun lingkungan. (brigade budpar/Akrom Tamamy)


Komentar