Lampau "Dewi Tilam" Tempat Sejuk Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Banjar

Aranio, InfoPublik - Lampau "Dewi Tilam" demikian nama yang diberikan oleh masyarakat Desa Tiwingan Lama terhadap beberapa Gazebo yang dibangun di atas Perbukitan yang ada di Desa Tiwingan Lama.


Lampau, artinya Gubuk atau tempat beristirahat, sedangkan Dewi Tilam adalah  kepanjangan dari singkatan Desa Wisata Tiwingan Lama.


Lampau "Dewi Tilam: didirikan sebagai pelengkap atas dibangunnya Balai Kesenian di Desa Tiwingan Lama.


Pambakal Julpani menjelaskan bangunan ini merupakan hadiah/hibah dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas Prestasi Desa Tiwingan Lama dalam mengembangkan Wisata Desa, sehingga dinyatakan sebagai Juara Harapan 1 dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019, dan baru dapat terealisasi pada Tahun 2021.


"Lampau "Dewi Tilam" berdiri kokoh dibawah pepohonan yang rindang sehingga memberikan rasa sejuk saat berada dibawahnya. Selain itu Wisatawan pun diajak cuci mata melihat sebagian keindahan Waduk Riam Kanan dari atas perbukitan ini,"ujar dia.


Dalam rangka memviralkan Destinasi Wisata Baru Lampau "Dewi Tilam" maka mengambil tempat di Balai Kesenian Desa Tiwingan Lama, Pemerintah Kabupaten Banjar, melalui Bidang Pemasaran Pariwisata  melaksanakan Sosialisasi Gerakan Bersama Memviralkan ( Gebrak ) Pariwisata Kabupaten Banjar di lokasi setempat, Rabu (30/3/2022).


Kabid Pemasaran Pariwisata Badiah mengatakan kegiatan Sosialisasi diikuti oleh kurang lebih 30 orang Pemuda-Pemudi Pegiat Wisata didampingi oleh Narasumber dari Mitra Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar.


Badiah berharap ke depan melalui Pemuda-Pemudi Pegiat Wisata, yang selalu bersentuhan langsung dengan media sosial seperti facebook, Twitter, Instagram maupun Tik Tok Lampau "Dewi Tilam" akan menjadi Viral dan menarik banyak Wisatawan yang berkunjung ke Desa Tiwingan Lama.


"Sehingga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat disekitar wisata,"pungkas dia. (IP Kab.Banjar/Brigade Aranio/Nono).


Komentar