Koordinasi Forum-Forum Diskusi Politik Dalam Melayani Aspirasi Masyarakat

Martapura,InfoPublik - Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar gencar melakukan kegiatan koordinasi forum diskusi politik, dengan tema “ Peranan dan Kinerja Wakil rakyat Dalam Melayani Penyaluran Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Banjar” bertempat di Aula Kecamatan Pengaron, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Badan Kesbangpol mewakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar, hadir Sekretaris Kecamatan Pengaron mewakili Camat H. Zulkifli, Adapun narasumber dari kegiatan ini Ida Saptika Dewi Kabid Politik  Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan, Wakil Ketua Komisi II DPRD Banjar Ahmad Sarwani. Acara ini di ikuti  peserta yang terdiri dari Perangkat Desa,Tokoh Masyarakat, unsur Kecamatan, dan BPD.

Tujuan diselenggarakan koordinasi Forum diskusi politik untuk memberikan pemahaman memberikan tatacara penyampaian aspirasi masyarakat ke wakil rakyat yang ada di DPRD Kabupaten Banjar.

Wasis Nugraha menyampaikan kami ucapkan pada Pemerintah Kecamatan Pengaron, khususnya Camat Pengaron  yang memberikan fasilitasi ruang untuk terlaksananya kegiatan ini, Pada kesempatan ini, Kami berharap semoga seluruh rangkaian kegiatan Koordinasi Forum Diskusi Politik ini akan dapat berjalan lancar, aman, tertib dan sukses.

Diungkapkannya, Adanya peran aktif atau partisipasi dari masyarakat merupakan bentuk konsep pembangunan daerah dengan cara pemberdayaan masyarakat dimana masyarakat menjadi sebuah konsep pembangunan menuju kesejahteraan masyarakat yang melibatkan nilai-nilai sosial.

“Satu hal mesti kita pahami dan upayakan hari ini dan seterusnya adalah fungsi dari keberadaan suatu partai politik dalam menyuarakan berbagai aspirasi rakyat, yang dimana merupakan harapan dan tujuan untuk keberhasilan yang akan datang. Suatu peranan harus dikaitkan dengan fungsi . Berdasarkan fungsi itu, partai politik  menentukan apa yang harus dilakukan,” terang Wasis

Ida Saptika Dewi menyampaikan partai politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia sebagaimana yang dimaksud dalam UUD 1945 serta mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam NKRI.

“Oleh sebab itu, Parpol harus terorganisir secara demokratis, memiliki akar yang kuat dalam masyarakat sehingga mampu menularkan demokrasi kepada masyarakat dengan itu jelas bahwa memang parpol merupakan sarana atau wadah dalam menyampaikan aspirasinya," tutur Ida

Ahmad Sarwani  mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah salah satu lembaga yang mewakili seluruh lapisan masyarakat dalam pemerintahan dalam pelaksanaan tugasnya, dan mempunyai fungsi penting berdasarkan Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi dan partisipasi masyarakat merupakan keharusan bagi Anggota Dewan. Suara masyarakat sangat penting sebagai kebutuhan nyata di masyarakat, sehingga aspirasi itu harus diperjuangkan agar kesejahteraan masyarakat meningkat.

Terkait hal itu, Ahmad Sarwani berharap kegiatan Forum Komunikasi dan Sosialisasi ini bisa semakin mengukuhkan semangat kolaborasi dalam kerangka yang positif dan upaya mewujudkan konsep yang diinginkan DPRD. 

"Kedepan, berharap kerja sama, semakin produktif dan harmonis untuk mendukung kerja-kerja kedewanan dalam menyalurkan informasi ke tengah masyarakat,” tutur Ahmad Sarwani.

Acara dilanjutkannya sesi tanya jawab kepada peserta yang berhadir. (IP Kab. Banjar/Brigade/yati/Kesbangpol)


Komentar