Kopi Pengaron Primadona dari Banua Untuk Dunia

Martapura, InfoPublik - Kopi sekarang menjadi primadona di kalangan masyarakat baik muda maupun tua.

Gerai kopi pun menjamur di kawasan perkotaan maupun di pedesaan yang mempromosikan kopi robusta lokal.

Usaha kopi membuat daya tarik di dunia, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pertanian menjadikan kecamatan Pengaron sebagai produsen Kopi terbesar di Kalimantan Selatan.

Lewat Bidang Sarana Pertanian, dilaksanakan gerakan "Kopi Banua Untuk Dunia" yang digelar di Desa Lok Tunggul Kecamatan Pengaron, Selasa (21/6/2022).

Kegiatan ini merupakan sinergitas semua steakholder dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Diskominfo Provinsi Kalsel, Dinas Pertanian Kab.Banjar, Camat Pengaron, Danramil Kec. Pengaron, Polsek Kec. Pengaron, Kepala BPP Pengaron, Penyuluh dan Mantri Tani Kec. Pengaron.

Kabid Sarana Pertanian Distan Banjar Nurul Chatimah mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu gerakan peningkatan produksi dan produktivitas kopi di Kalimantan Selatan, Khusunya Kecamatan Pengaron Menjadi percontohan karena menjadi kawasan perkebunan kopi terluas di Kalsel dan Kabupaten Banjar dengan luasan kurang lebih 700 Ha (Data Statistik Perkebunan). 

Kegiatan ini pun akan didokumentasikan oleh Diskominfo Prov Kalsel sebagai Dokumenter Film untuk kegiatan Unggulan Provinsi Kalsel di bidang Perkebunan yaitu mengangkat Kopi asli banua Kalimantan. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin) 


Komentar