Koordinasi Perencanaan Strategis dan Agenda Mapping 2024

Martapura, InfoPublik - Koordinasi Perencanaan Strategis Dan Agenda Mapping 2024 Pusat Kebijakan Prasarana Transportasi dan Integrasi Moda Kementrian Perhubungan Badan Pusat Kebijakan Transportasi bertempat di Golden Tulip Galaxy Hotel Banjarmasin, Kamis (12/1/2023).

Koordinasi dibuka langsung oleh Kepala Pusat Kebijakan Prasarana Transportasi dan Integrasi Moda, Capt. Novyanto Widadi, S.A.P.,M.M. 

Novyanto Widadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mencari informasi mengenai kondisi transportasi di daerah, sehingga nanti dapat berkolaborasi secara triple helix untuk mempercepat pembangunan transportasi di Kalimantan Selatan.

Dari penyampaian isu isu strategis yang terjadi di Kalimantan Selatan Pembangunan Jalur Kereta Api Trans Kalimantan, Kemacetan Banjarmasin, Optimalisasi Terminal Tipe A Gambut Barakat serta Pelabuhan Trisakti dan Rencana berkelanjutan operasional BRT Banjarbakula dan BTS Transbanjarbakula yang menjadi topik highlight pada kegiatan koordinasi ini.

Dari Dishub Kabupaten Banjar dihadiri Fachrurrozi mewakili Dishub Kabupaten Banjar selaku Penyusun Rencana Sarana dan Prasarana dan didamping Helda Wahdini selaku Pengelola Data Jaringan Transportasi Jalan.

Fachrurrozi menyampaikan bahwa Kabupaten Banjar yang bertetangga langsung dengan Ibu Kota Provinsi mengharapkan BTS Transbanjarbakula bisa sampai ke Martapura Kota dikarenakan selama ini hanya melewati Kecamatan Kertak Hanyar dan Kecamatan Gambut, agar bisa terlayani Pusat Pemerintah Kabupaten Banjar di Martapura.

Selain itu, Fachrurrozi menjelaskan belum optimalnya prasarana dermaga Lok Baintan Kabupaten Banjar, yang mana Lok Baintan merupakan daya tarik wisata pasar terapung yang berpotensi besar memajukan perekonomian Kabupaten Banjar, dan mengharapkan bantuan pengadaan dermaga di lokasi wisata Riam Kanan, sehingga kedepannya akan dioptimalkan untuk pelayanan transportasi baik LLASD dan LLAJ karena Transportasi merupakan urat nadi perekonomian dan penunjang pariwisata.

"Dinas Perhubungan pada tahun anggaran 2023 rencana akan melaksanakan kegiatan Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) Kabupaten Banjar juga akan tertuang perencanaan strategis dan kebijakan transportasi yang ada di Kabupaten Banjar, sehingga dapat ter-mapping untuk tahun 2024 dan kedepannya," pungkas dia.

Turut hadir secara langsung juga Sekretaris Badan Kebijakan Transportasi Pandu Yunianto,
Kepala Pusat Kebijakan Lalu Lintas, Angkutan dan Transportasi Perkotaan Eddy Gunawan, Kepala Pusat Kebijakan Sarana Transportasi Dr.Ir.Gunung Hutapea,M.M, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV, Zulmardi, Kadishub Kalsel Fitri Hernadi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, General Manager PT. Angkasa Pura Syamsudin Noor International Airport Dony Subardono, Slamet Begjo.

Serta SKPD Terkait, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin, PT. PELNI Cabang Banjarmasin atau yang mewakili, CEO Sub Regional III PT. Pelindo Cabang Banjarmasin, dan PT. ASDP Cabang Batulicin.
IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Helda)


Komentar