Ketua Dekranasda Banjar Ikuti Munas Dekranas Tahun 2020 Mengusung Tema Segi Positif Pandemi COVID-19

Martapura, InfoPublik - Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah mengikuti Musyawarah Nasional Dewan Kerajinan Nasional (Munas Dekranas) Tahun 2020 secara virtual di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Rabu (19/8/2020).

Ketua Dekranasda Hj Raudathul Wardiyah 
yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, tampak didampingi oleh Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati serta beberapa pengurus Dekranasda Banjar. 

Dekranas Tahun 2020 tersebut dibuka oleh Ketua Umum Dekranas Hj Wury Ma’ruf Amin
dalam sambutannya, menyebut bahwa Munas tahun ini terpaksa harus dilaksanakan secara virtual untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

"Mengingat Munas tahun ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, oleh sebab itu tema yang diusung ialah "Segi Positif Pandemi Covid-19: Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan Menuju Industri 4.0," ungkapnya. 

Menurut Ketua Umum Dekranas, tema yang diangkat pada Munas kali ini sangat kontekstual dan relevan dengan kondisi saat ini.

Hj Wury Ma’ruf Amin mengatakan kondisi pandemi saat ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk lebih optimal memanfaatkan teknologi digital .

“Kita perlu terus mendorong para perajin untuk melakukan inovasi digital. Misalnya pemasaran dengan memanfaatkan platfon online dengan pemanfaatan teknologi digital. diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas dalam pemasaran produk kerajinan kita,” terangnya. 

Dia juga mengajak seluruh anggota Dekranas dan Dekranasda untuk mendukung program pemerintah diantaranya Kampanye Bangga Buatan Indonesia. 

Diketahui agenda Munas Dekranas adalah menyelaraskan dan menyempurnakan AD ART serta menyusun program kerja Tahun 2019-2024, yang nantinya akan menjadi pedoman bagi Dekranas dan Dekranasda di seluruh Indonesia.

Adapun jumlah peserta dalam Munas daring ini sebanyak 490 peserta yang merupakan Delegasi Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Indonesia. Hingga berita ini diturunkan, Munas Dekranas ini sementara masih berlangsung. (MC Banjar/Prs)


Komentar