Kesbangpol Banjar Melaksanakan Pendaftaran dan Pelaporan Ormas

Martapura, InfoPublik - Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi Pendaftaran dan Pelaporan Organisasi Kemasyarakatan,  di Aula Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar, Kamis (15/9/2022).


Kegiatan sosialisasi ini diadakan sesuai dengan UU Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang –Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2017 Tentang Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor, hadir dalam kesempatan  tersebut antara lain  Kabid Politik Dalam Negeri  dan Ormas, Rija Rusadi, Kasubbid Organisasi Kemasyarakatan, Selamet Supriadi dengan menghadirkan Wakapolres Banjar Mohammad Fihim, Komandan Kodim 1006 Banjar yang diwakili Kapten Hadi Sutrismu, Narsum dari Badan Kesbangpol Provinsi H. Jufrida Khairan,  Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar, Rian Okkyanto serta Para Peserta dari unsur Ormas sekitan Kecamatan Martapura.


Kepala Bidang Politik dalam negeri dan ormas Bakesbangpol Rija mengatakan maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk Pengelolaan Ormas secara terkoordinasi dan berkesinambungan di kabupaten Banjar dan Tujuan dilaksanakan Kegiatan ini adalah untuk menjaga keutuhan dan Kedaulatan NKRI serta meningkatkan Ormas yang maju dan akuntabel.


Kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor mengatakan aspek penguatan ormas menjadi tanggung jawab kita semua, baik pemerintah, pemuka ormas dan seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan dan selalu mendukungnya, dengan demikian kita dalam kehidupan bermasyarakat akan merasa aman dan nyaman.


Lebih lanjut Wakapolres Banjar Mohammad Fihim  menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi peraturan perundang-undangan ormas sangatlah penting dalam mencegah terjadi perpecahan, oleh sebab itu peran ormas dan seluruh tokoh-tokoh ormas sangat strategis dalam menyejukkan suasana dalam membentuk opini positif di masyarakat. 


"Dengan demikian akan tercipta interaksi positif terhadap masyarakat dalam hidup berdampingan yang rukun, damai, dan sejahtera," ujar dia.


Disampaikan H. Jufrida dan Hadi Sutrismu Sebagaimana kita ketahui pemerintah daerah berkomitmen untuk selalu mendorong dan meneguhkan peran ormas dalam keseharian masyarakat juga merupakan bagian yang tak  terpisahkan dari jati diri bangsa yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia semenjak berdirinya.


"Pemerintah daerah dan kita semua berkewajiban untuk saling menjaga dan memelihara stabilitas di kabupaten Banjar yang aman, tentram, tertib serta bermoral dan beretika sebagai aspek penting dalam mendukung kelancaran roda pemerintahan, pembangunan dan melakukan pembinaan dan pengawasan kepada  organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Banjar yang sama-sama kita cintai," jelas dia.


Dilanjutkan penyampaian pemateri Okkyanto tentang aplikasi Website si Om Manis, Pelaporan  dan sesi tanya jawab (IP Kab. Banjar/Brigade/yati/Kesbangpol)


Komentar