Hingga Jumat Malam, Vaksinasi Banjar Capai 50,75 Persen

Martapura,InfoPublik - Bupati Banjar H. Saidi Mansyur sangat mengapresiasi dan sampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kapolres Banjar dan Dandim 1006 Banjar dan puskesmas yang hingga kini masih serius dan sungguh-sungguh dalam dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi.

Hal ini disampaikan, di ruang kerjanya saat Rapat Anev dan Pelaksanaan Zoom Meeting kepada Para Muspika dan Kepala Desa/Lurah dalam Rangka Percepatan Vaksinasi target 70% di Wilayah Kabupaten Banjar, Jumat (24/12/2021) malam. 

Dikatakannya, atas hasil capaian vaksinasi harian yang dinilai kurang maksimal, semua pihak untuk samakan persepsi, dan mengingatkan jangan sampai ada paksaan terhadap masyarakat. 

"Jangan sampai ada paksaan, kita pakai aturan yang berlaku saja. TNI/Polri, camat, puskesmas, kades tetap konsisten, samakan persepsi. Waktu kita tidak panjang, Kadis juga kita targetkan, supaya kita tidak sendirian dan dirasakan sama-sama,"harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Diauddin di Aula Tri Brata Mapolres Banjar dalam laporannya mengatakan, hingga Jumat malam ini capaian vaksinasi Banjar sudah di angka 50,75% dan mengakui masih jauh dari yang ditargetkan.

"Kepada kecamatan yang kekurangan vaksin, jangan khawatir kita masih ada stok, dan dibagi ke puskes yang membutuhkan, silakan ambil sesuai kebutuhan,"ujarnya. 

Diauddin menambahkan, libur natal dan minggu merupakan hari yang tepat untuk memaksimalkan capaian dikarenakan hari libur, dimana hari tersebut banyak warga yang berada dirumahnya masing-masing

Istilah membelah nakes juga akan dilakukan, seperti dari semula 2 titik menjadi 4 lokasi, untuk mempermudah jangkauan masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksin. 

Kabar gembira, Diaudin juga menyebutkan, ada tambahan hadiah umrah sebanyak 1 orang yang di khususkan bagi tenaga kesehatan. 

" Peluang teman-teman nakes untuk mendapatkannya cukup besar, karena tidak bergabung dengan masyarakat,"ujarnya.

Sementara itu Dandim 1006 Banjar Imam Muchtarom memberikan apresiasinya terhadap semua pihak yang telah bekerja keras. 

" luar biasa kerja keras kita,  capaian kita ini masih jauh, kalau target 70%, masih menyisakan 19,25%,"ujarnya. 

Menurutnya, capaian harus di lakukan bersama, dengan cara memanfaatkan rekan kerja di wilayah masing-masing seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk divaksin.

Kapolres banjar Doni Hadi Santoso mengatakan, kepada beberapa kecamatan yang telah capai target harian vaksin agar bisa mempertahankannya. Memperbanyak titik-titik vaksinasi, seperti yang di utarakan Diaudin juga disepakati Kapolres Banjar.

"2 titik jadi 4 titik, besok dilaksanakan,"perintahnya. 

Sementara masukan dari petugas lapangan di zoom meeting tersebut didominasi masalah sembako yang diminta warga. Dikatakan, warga yang hendak vaksin terpaku pada ada tidaknya sembako yang diberikan. Untuk itulah petugas meminta ada tambahan sembako yang diberikan kepada warga dalam vaksinasi tersebut. 

Rapat Anev dan zoom meeting oleh Polres Banjar  yang di pimpin oleh Sekda Banjar H. M Hilman ini, juga dihadiri Kepala DKISP Banjar H. M Aidil Basith, Plh Kepala BPBD Banjar Riza Dauly, serta  Camat Martapura Ramli. (MC Kominfo Kab.Banjar/Hendra/Ronny) 


Komentar