Hibur Anak-anak Korban Banjir, HIMPSI Kalsel Bentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial

Martapura, InfoPublik – Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingn psikososial bagi para korban banjir yang ada di Kalimantan Selatan.

Tim yang terdiri para ikatan sikolog klinis, psikolog, alumni psikologi dan relawan mahasiswa psikolog UIN Antasari Banjarmasin, UNLAM Banjarmasin dan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Kamis (21/1/2021).

Tim RPP hadir dengan permainan-permainan menghibur anak-anak korban banjir beserta orang tuanya di Posko Pengungsian Mesjid Al-Karomah Martapura.

Sukma Noor Akbar salah satu Tim RPP mengatakan, kami dari tim relawan psikososial membantu masyarakat korban banjir terkhusus anak-anak untuk yang secara psikologis sangat terdampak dan masih merasakan trauma akibat dampat benjar banjir tersebut.

“Kami berharap mereka bisa terhibur dengan kegiatan kita walaupun sifatnya hanya permainan, namun dari hal itu bisa kita lihat apakah ada gangguan sikologis dari mereka, tetapa alhamdulillah sejauh ini bisa beradaptasi di posko pengunggsian,” ujarnya.

Ada 100 orang relawan dilatih untuk dukungan sikologis awal, tidak cuma anak-anak Tim RPP juga memberikan konseling kepada para orang dewasa apakah ada permasalah terkait psikologis.

Tim RPP juga mendatangi tempat-tempat pengungsian lainnya diantaranya posko pengungsian Cindaialus, Pesayangan, Bati-bati, Batola dan lainnya. (MC Kominfo Banjar/Rzq)


Komentar