Gempa Tuban Dirasakan Getaran Hingga Kabupaten Banjar, Satu Kantor Kecamatan Terdampak

Martapura, InfoPublik - Gempa bumi di Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024), berkekuatan magnitudo 6.5 turut mengguncang wilayah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan pukul 15:52:58 WIB. Episentrum gempa terletak di koordinat 5.76 lintang Selatan dan 112.33 bujur Timur, sekitar 130 kilometer Timur Laut Tuban, Jawa Timur. Kedalaman gempa mencapai 10 kilometer.

Getaran gempa dirasakan di sejumlah wilayah sekitar, dengan 13 Kecamatan di Kabupaten Banjar, termasuk Aluh-Aluh, Kertak Hanyar, Gambut, Sungai Tabuk, Martapura, Karang Intan, Astambul, Simpang Empat, Sungai Pinang, Beruntung Baru, Martapura Barat, Martapura Timur dan Tatah Makmur merasakan dampaknya. 

Dampak dari gempa tersebut Kecamatan Tatah Makmur dilaporkan mengalami kerusakan, di mana bangunan kantor kecamatan mengalami keretakan pada dindingnya. 



Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Warsita, menjelaskan bahwa meskipun sejumlah kecamatan merasakan getaran gempa, tidak ada ancaman tsunami yang terdeteksi setelah kejadian tersebut.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat gempa ini," katanya.

Ia juga mengimbau setelah guncangan gempa mereda, masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

"Langkah-langkah evakuasi diri dari bangunan diimbau dilakukan dengan hati-hati, sementara periksa keberadaan api dan potensi terjadinya kebakaran juga menjadi perhatian utama," jelasnya.