DPRKPLH Banjar Lakukan Penanaman 132 Bibit di Desa Kiram

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan penanaman dalam kegiatan Program Menanam Bersama Manis yang telah dicanangkan oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

Berhadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Aina serta Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (KSDAPLH) Yunida Rosniar dan Kepala Seksi Pemantauan dan Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan (P3KL) Endang bersama seluruh staf serta Kepala Desa Kiram iwar bersama aparat desanya. 

Aina mengatakan dasar pelaksana penanaman yaitu untuk meningkatkan Nilai Indeks Kualitas Lahan melalui Penanaman Pohon dan Perluasan Area Penanaman.

Senada dengan Kepala Bidang, Kasi KSDAPLH menyatakan penanaman pohon dilakukan dlm rangka peningkatan tutupan lahan Dengan meningkatnya tutupan lahan akan memperbaiki kondisi iklim setempat (iklim mikro) Penanaman pohon merupakan salah satu upaya mitigasi dalam perubahan iklim.

Adapun pohon yang ditanam adalah sebanyak 132 bibit pohon Dengan rincian Spathodea 100 bibit Pohon Tanjung 10 bibit Pohon Sawo 10 bibit Pohon Tiwadak 3 bibit Pohon Mangga 2 bibit Pohon Alpukat 2 bibit Pohon Jambu Air 2 bibit Pohon Jambu Biji 1 bibit Pohon Durian 1 bibit Pohon Ramania 1 bibit Pohon.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima 132 bibit pohon oleh Kepala Dinas DPRKPLH dan Kepala Desa Kiram sebagai komitmen desa dalam menjaga dan memelihara tanaman tersebut.

lokasi penanaman dilakukan pada fasilitas umum sebagai bentuk perlindungan dan tutupan lahan terhadap daerah yang masih gersang sehingga dapat meningkatkan indeks kualitas lahan serta dapat tercapai target tutupan lahan yang akan menjadikan Kabupaten Banjar Manis, Maju Mandiri dan Agamis dapat tercapai(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar