DPKP Banjar Gelar Pelatihan Evakuasi dan Pemadaman Api di PT. TATA

Martapura, InfoPublik - Bekerjasama terkait pencegahan kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar memberikan Pelatihan pada PT. TATA di Gedung PSBB Jalan Sekumpul Desa Indrasari Martapura, Sabtu (23/7/2022).

Adapun tujuan dari pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di lingkungan kerja atau di manapun. 

Kasi Inspeksi DPKP Banjar Dimyati menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan supaya kita selalu waspada dan jangan panik ketika terjadi kebakaran.

Serta dijelaskannya, melakukan teknik pemadaman kebakaran dengan alat yang ada. Mulai dari alat sederhana hingga modern. Pemadaman dengan alat sederhana adalah memadamkan api dengan kain yang basah.

"Pemadaman dengan alat modern adalah Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) disemprotkan secara merata. Pemadaman Api Kompor dengan mencabut regulator terlebih dahulu, baru memadamkan dengan kain basah," jelas dia.

Kegiatan dilajutkan Simulasi Pemadaman Api dimulai dengan pemadaman api di dalam tong. Kemudian simulasi pemadaman api yang berserak atau menjalar. 

Kedua simulasi ini menggunakan kain basah dan APAR. Simulasi ketiga adalah terjadinya kebocoran dan kebakaran di kompor gas. Simulasi ini menggunakan kain basah. Selain itu, dipastikan juga bahwa yang pertama dilakukan adalah mencopot regulator kompor gas. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP)


Komentar