Tanamkan Keselamatan Sejak Dini, DPKP Banjar Edukasi Siswa RA Al Hikmah Pencegahan Kebakaran

Martapura, InfoPublik - Edukasi sejak dini dalam memadamkan api, agar anak menumbuhkan rasa aman dan keselamatan dalam membantu sesama ketika dewasa kelak.

Hal ini membuat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar melaksanakan edukasi pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran kepada anak anak RA AL HIKMAH, di Halaman Kantornya, Martapura, Jumat (9/12/2022).

Pada kegiatan ini tim DPKP Banjar memberikan edukasi, bukan hanya untuk anak-anak,  guru dan orang tua siswa juga terlibat bagaimana mengambil posisi siaga dalam memadamkan api.

Petugas Damkar Didin menyampaikan kegiatan ini merupakan langkah awal jalinan kerja sama dan bertujuan selain menjalin silaturahmi adalah memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran, memberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran dan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan dan lain-lain.

"Sebelumnya dari pukul 09.00 Wita para peserta pelatihan mendapat pembekalan  tentang teori api dan anatomi kebakaran serta pengenalan sistem proteksi kebakaran. Pelatihan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar," jelas dia.

Pada simulasi ini tim dari DPKP Banjar memberikan penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kebakaran dan mengajarkan bagaimana cara menangani kebakaran dengan benar dan tepat serta cara penggunaan alat yang akan digunakan dalam memadamkan api, seluruh peserta pun dengan antusias mengikuti arahan yang diberikan.

Dilanjutkan dengan Pengenalan alat – alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran dan bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran.

Kemudian dilanjutkan materi tentang tentang peralatan pemadaman api baik yang tradisional maupun modern dalam hal ini Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan cara penggunaannya, kegiatan diakhiri dengan praktik pemadaman api baik secara tradisional menggunakan karung goni maupun secara modern menggunakan APAR. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP/SAY17)


Komentar