Gegerkan Warga Komplek MAN Gambut, DPKP Banjar Amankan Seekor Ular Phyton

Martapura, InfoPublik - Seekor Ular Phyton Jenis Sanca Kembang memasuki kandang area permukiman warga di Jalan Ahmad Yani KM.15 Komplek Man, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar 16.25 (16/10/2022).

Kasi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Evakuasi DPKP Kabupaten Banjar, Gusti Yudhi mengatakan bahwa kejadian ular masuk ke dalam kandang warga tersebut terjadi pukul 16:25 wita yang diinfokan melalui telepon.

Setelah menerima informasi lewat telepon tadi petugas kami langsung menuju Lokasi pelapor dan sesampainya di lokasi pencarian didekati ular berada di halaman warga bersembunyi antara tumpukan kayu warga, setelah kurang lebih 25 menit ular berhasil dievakuasi tim Rescue DPKP dari Sektor gambut dan selesai penanganan pukul 16:59 dengan situasi akhir aman terkendali dan untuk ular yang sudah kami evakuasi kami lepas liarkan kembali ke lokasi yg jauh dari pemukiman,” ucap dia.

Pada kejadian ini Yudhi mengimbau agar warga terus waspada karena tidak bisa dipungkiri keadaan cuaca yang berubah ubah membuat permukiman jadi rawan sekali dimasuki satwa liar seperti Ular Phyton ini untuk itu setelah melakukan evakuasi petugas memberikan edukasi kepada warga agar harus selalu berhati hati.

“Kepada warga kami menghimbau agar kewaspadaan nya selalu ditingkatkan dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar, menutup celah celah yang bisa dijadikan hewan berbahaya masuk ke dalam rumah, apabila ada celah yang belum sempat ditutup bisa disemprotkan cairan berbau menyengat seperti cairan semprot serangga atau cairan pembersih lantai (sementara) paling aman dengan cara celah di tutup rapat,” imbau dia. (IP Kab. Banjar/Brigade DPKP)


Komentar