DP2KBP3A Kab. Banjar Gelar Orientasi Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya (PSKS) Bersama BKKBN Prov. Kalsel


Martapura, Infopublik - Dalam upaya meningkatakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pengelola program penyiapan perencanaan berkeluarga bagi remaja dalam rangka meningkatakna kualitas PIK-Remaja di Kabupaten Banjar. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Banjar bidang KB dan KS melaksanakan kegiatan Orientasi Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya (PSKS)  dilaksanakan pada hari Rabu 17 Februari 2021 di Aula Dinas P2KBP3A Kab. Banjar, dihadiri oleh Kepala Dinas P2KBP3A didampingi PLT bidang Dalduk beserta Kasi Seksi Bina Ketahanan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga.

Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Banjar, Dra. Siti Hamidah, M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa “secara umum Pembinaan ketahanan keluarga adalah terbentuknya Generasi Berencana (GenRe) yaitu remja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati masa transisi kehidupan remaja dengan mempraktikan hidup bersih, sehat dan melanjutkan pendidikan. Melalui penggerakan program Ketahanan Keluarga diharapkan dapat menekan angka pernikahan usia anak, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NaPZa).

 

Dengan demikian akan tumbuh generasi penerus yang sehat dan berkuallitas yang mampu mengisi pembangunan berkelanjutan remaja sebagai calon orang tua agar mampu membangun keluarga berkualitas sehingga melahirkan generasi yang berkualitas dan remaja sebagai calon penduduk usia produktif agar mampu menjadi pelaku pembangunan. Program Generasi Berencana (GenRe) diarahakan pada penyiapan perencanaan berkeluarga bagi remaja melalui wadah Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja sebagai pengelola PIK-Remaja terdiri dari pendidik sebaya dan konselor sebaya, tambahnya sembari membuka kegiatan secara resmi.

 

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut Peserta yang mengikuti Orientasi Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya (PSKS) adalah Anggota PIK Remaja sebanyak  30 (Tiga Puluh) orang di Wilayah Kabupaten Banjar.

 

Kegiatan tersebut berisi materi dan diskusi yang disampaikan Narasumber dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan tentang Peran Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya.

 

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Orientasi Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya (PSKS) dapat meningkatkan pengetahuan , keterampilan dan kualitas pendidik sebaya da konselor sebaya terhadap program penyiapan perencanaan berkeluarga bagi remaja dan pengembangan Pusar Informasi Konseling (PIK) Remaja dalam peningkatan kualitas dan kualitas pelayanan Pusar Informasi Konseling (PIK) Remaja di Kabupaten Banjar. (KB)


Komentar