DKUMPP Banjar Fasilitasi Kemitraan Bagi Usaha Mikro di Martapura Timur

Martapura, InfoPublik – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar kembali melaksanakan kegiatan fasilitasi Kemitaran bagi usaha mikro, dimana pada kegiatan kali ini DKUMPP Banjar menggandeng narasumber dari Hypermart, di Kecamatan Martapura Timur, Selasa (22/11/2022).

 

Acara yang dibuka oleh kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati didampingi Kepala Bidang Usaha Mikro Rudy Mulyadi ini juga dihadiri oleh 40 pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Kertak Hanyar yang  tergabung dalam kelompok insklusive kec.Kertak Hanyar.

 

I Gusti Made Suryawati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara bagi pelaku UMKM untuk bisa mendapatkan informasi terkait program kemitraan, dimana peningkatan akses pemasaran bagi UMKM sangatlah diperlukan dalam rangka menciptakan UMKM yang mandiri, maju dan naik kelas.

 

“Usaha Mikro, kecil dan Menengah diharapkan mampu memperluas lapangan kerja.

Kemitraan yang solid, berjangka panjang, saling percaya dan berkedudukan yang setara dimana kerja sama usaha ini dilakukan oleh usaha kecil dengan usaha menengah atau usaha kecil dengan usaha besar, disertai pembinaan dan pengembangan oleh usaha menengah atau usaha besar tersebut dengan memperhatikan prinsif-  prinsif saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan,” ungkap Made.

 

Made menambahkan, produk produk UKM dilakukan pembinaan untuk meningkatkan mutu dan kwalitas serta standard  dan mampu meraih suksek lebih baik, fakta ini merupakan  peluang yang sangat besar untuk para UMKM agar bisa menjadi Modern dan maju sehingga berpeluang meraih Provit yang lebih baik.

 

“Dengan adanya dukungan dari pihak swasta ini agar dapat semakin memberikan manfaat yang optimal bagi UMKM dan semoga kedepannya pelaku UMKM kita semakin sejahtera dan semakin unggul,“ harap dia.

 

Materi yang diberikan oleh narasumber dari Hypermart memiliki konsep kemitraan dan prinsip kemitraan yang mana dalam prinsif kemitraan ini saling membutuhkan dan saling mendukung dan menguatkan nilai tambah  yang ingin diraih oleh masing-masing pihak.

 

Kemitraan adalah konsep kerja sama usaha antar usaha kecil dengan menengah ataupun besar di sertai pembinaan dan pengembangan. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar