Sukseskan Pengembangan Usaha Pengolahan Hasil Perikanan, DKUMPP Kualitas Produk Pemikat Konsumen

Martapura, InfoPublik - Menjadi target Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), 50 pelaku usaha bergerak bidang industri/produk hasil laut ikuti Sosialisasi Pengembangan Usaha Pengolahan Hasil Perikanan, di Kecamatan Aluh Aluh, Rabu (30/11/2022).

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Banjar, yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi dari DPMPTSP Kab. Banjar dan dari DKUMPP Kab. Banjar.

Mewakili Kepala DKUMPP, Kepala Seksi Pengendalian Izin Usaha Industri, Ir. Gafilusi Gafar menuturkan bahwa untuk dapat menjadi pelaku usaha/ IKM yang naik kelas, mereka hendaknya mampu bersaing dengan produk-produk lain yang sudah beredar baik di pasaran, swalayan, maupun ritel modern lainnya. Oleh karena itu, izin edar, mutu, kualitas produk serta desain yang menarik sangat berperan penting sebagai faktor penentu produk itu dapat maju atau tidak.

"Dengan kata lain, fokus untuk IKM itu sendiri adalah di bagian mutu dan kualitas produk serta tampilan kemasan itu sendiri, karena mutu dan kualitas produk yang baik dipadu dengan desain label yang menarik dapat menjadi pemikat konsumen untuk membeli produk hasil olahan IKM itu sendiri," tambah Lusi.

Dihubungi melalui telepon, Kabid Perindustrian, Lily Agustriana membetulkan akan apa yang disampikan oleh Kasinya tsb.

"Hadirnya DKUMPP sebagai narasumber pada sosialisasi tsb adalah agar para pelaku usaha/IKM produk hasil laut bisa  mengembangkan usahanya baik secara kualitas maupun kuantitas. Serta dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya yang berasal dari luar Kab. Banjar," ujar dia.

Selain memberikan materi, tim dari DKUMPP juga memberikan pelayanan kepada masyarakat/pelaku usaha/ IKM Kec. Aluh-Aluh tentang pembuatan NIB serta desain label stiker kemasan produk secara gratis demi peningkatan kualitas produk agar berdaya saing tinggi. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar