Puluhan Pelaku Usaha di Sungai Tabuk Ikuti Pendataan NIB/OSS

Martapura, InfoPublik – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar di bidang Usaha mikro menyelenggarakan kegiatan Pendataan potensi dan pengembangan usaha mikro dengan tema “pendataan melalui sosialisasi Nomor Induk Berusaha (NIB/OSS) bagi pelaku usaha mikro di Kabupaten Banjar”.



Kegiatan ini diselenggarakan di kantor kecamatan Sungai Tabuk, Rabu (30/11/2022) diikuti  40 pelaku usaha mikro yang belum memiliki NIB serta kepala Desa dan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 sd 16.30 WITA yang mana dipadatkan dengan Materi dari narasumber yang ahli dibidang nya dan disambung dengan fasilitasi pembuatan NIB bagi seluruh peserta yang berhadir.



Kegiatan ini memiliki tujuan agar semakin banyak jumlah pelaku usaha mikro yang terdaftar secara legal dan dengan demikian semakin mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas sesuai mandat dari presiden Jokowi dan tujuan kita Bersama, yang mana harus bermula dari memiliki NIB. Dari sinilah pelaku usaha mikro dapat terdata dan terjangkau sehingga ditahap selanjutnya mereka diharapkan dapat mengkikuti rangkaian pelatihan kewirausahaan yang akan difasilitasi oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Banjar.



Adapun rangkaian acara dimulai dari materi “kebijakan kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan UMKM” yang disampaikan oleh kepala bidang usaha Mikro. Disambung dengan materi “penerbitan NIB dan PIRT” yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Kegiatan ini berlangsung sangat padat dengan sesi tanya jawab disambung dengan pembuatan Nomor Induk Berusaha satu persatu peserta yang hadir. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar