DKISP dan RAPI 02 Koordinasikan Komunikasi Informasi Publik Penanganan Banjir

Martapura,InfoPublik - Menghindari disinformasi akan  berita-berita palsu atau hoax terkait banjir yang melanda wilayah Kabupaten Banjar, Radio Antar Peduduk Indonesia (RAPI) Banjar bersama Pemkab.Banjar dalam hal ini  DKISP Kab.Banjar laksanakan Koordinasi  komunikasi publik.

Hal tersebut terungkap saat Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM Hilman menerima Ketua RAPI wilayah 02 Banjar Badrudin, SP  di Ruang Kerja Sekda Pemkab Banjar Martapura, Kamis (14/1/2021) beserta beberapa  pengurus lainnya terlihat diantaranya H.Fahrani yang juga Anggota DPRD Kalsel  dan Kabid Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Banjar, Eddy Elminsyah Jaya.

Sekda Banjar, H Hilman mengatakan dengan adanya RAPI dapat membantu dalam hal penginformasian khusunya warga terdampak banjir yang meminta bantuan.

“Pemerintah sulit tanpa ada informasi daerah mana yang belum mendapatkan bantuan, untuk itu Pemkab Banjar melalui Dinas Kominfo dapat berkoordinasi dengan mendata untuk pendistribusian bantuan di pengungsian,”ucap dia.

Ditambahkannya, Kita ingin daerah-daerah mana saja yang belum mendapatkan bantuan dan nantinya segera kita bantu pendistribusian logistik, diharapkan semua daerah dapat tersalurkan agar warga tidak kebingungan kemana mencari bantuan. 

Semetara itu, Ketua RAPI Banjar Badrudin mengatakan, kita sudah turun langsung ikut serta menangani banjir, pendistribusian bantuan sudah disalurkan di desa Tambak Baru, yang langsung dilaporkan anggota kita.

“Setelah kita share melalui Radio dan Medsos, ternyata rekan-rekan meminta juga untuk bantuan dan nanti akan kita koordinasikan untuk penyerahannya,”kata dia.

Labih Lanjut, Badrudin menjelaskan menyikapi kabar suara rekaman yang beredar di jejaring pesan Whatsapp tentang bendungan akan dibuka dan nantinya menyebabkan Martapura akan tenggelam, kita pihak Rapi juga akan langsung meluruskan dengan berkoordinasi dengan pihak Bendungan Riam Kanan bahwa kabar tersebut palsu atau hoax.

“Untuk itu kita bersama rekan-rekan di lapangan memberikan informasi yang benar agar masyarakat tidak mempercayai kalo informasi bukan dari sumbernya langsung,”pungkas dia.

Kabid IKP DKISP Banjar Eddy Elminsyah Jaya menyampaikan 
Kami di Pos Informasi Center Tanggap Banjir  siap menerima  dan meneruskan  laporan dari warga terkait penyaluran bantuan sembako  ke instansi terkait  (MC Kominfo Kab.Banjar/Hendy/Man)


Komentar