Dishub Hadiri Ekspose Laporan Pendahuluan RKP Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik -  Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Hadiri Ekspose Laporan Pendahuluan Rencana Kawasan Permukiman (RKP) Kabupaten Banjar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar Martapura, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan tersebut di pimpin langsung Hj Herlina Maulidah selaku Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan.

Ekspose laporan pendahuluan RKP tersebut disampaikan oleh pihak ketiga yaitu Konsultan Perencana dari CV Daya Utama Konsultan yang berdomisili di Banjarmasin.

RKP adalah dokumen rencana sebagai pedoman dalam memenuhi kebutuhan lingkungan. Hal tersebut tertuang dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pasal 1 ayat 12.

Herlina Maulidah menyampaikan perlunya bantuan dari SKPD terkait dalam pengumpulan data sekunder yang akan digunakan sebagai dasar dalam analisa dalam penyusunan RKP tersebut.

Dadang Hadi Saputra selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Perhubungan menyampaikan bahwa Dishub akan membantu terkait pengumpulan data sarana dan prasarana perhubungan yang diperlukan sebagai salah satu penunjang analisa RKP.

"Kami harap Rencana Kawasan Permukiman yang disusun agar terintegrasi dengan sarana dan prasarana transportasi yang ada di Kabupaten Banjar seperti terminal, halte, dermaga dan angkutan umum," ucap Dadang.

Penyusunan dokumen Rencana Kawasan Permukiman dengan maksud sebagai salah satu panduan dalam penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Kabupaten Banjar. 

Adapun tujuan RKP ini sebagai bahan acuan dalam penyusunan kebijakan perencanaan dan penganggaran sektor Perumahan dan Kawasan Permukiman di Kabupaten Banjar.

Turut hadir pada acara ekspose tersebut jajaran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar, perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel, Dinas PUPRP, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan, serta Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Ozi)


Komentar