Dishub Banjar Ikuti Rapat Persiapan Event Nasional Festival Pasar Terapung Lok Baintan

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan promosi pariwisata dan melestarikan pasar terapung tradisional asli Kalimantan Selatan.

Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar mengadakan rapat Festival Pasar Terapung Lok Baintan Tahun 2022 bertempat di Aula Disbudporapar Banjar, Martapura, Senin (24/10/2022).

Rapat tersebut dipimpin langsung Muhammad Arsyad selaku Sekretaris Disbudporapar dan dampingi Ba'diah Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata.

Muhammad Arsyad menyampaikan bahwa Festival Pasar Terapung merupakan termasuk event nasional dan juga merupakan program dari Kementerian Pariwisata.

"Untuk kelancaran acara tersebut perlunya bantuan dari instansi-instansi terkait dalam pelaksanaan Festival Pasar Terapung," ucap Arsyad.

Festival Pasar Terapung tersebut bertemakan “Semangat menggenggam Tradisi Budaya Sungai masyarakat Banjar”.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2022 dari pukul 06.00 WITA sampai dengan selesai, berlokasi di dermaga Bawah Jembatan Desa Sungai Pinang Lama, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada hari Rabu tanggal 26 Oktober 2022 akan dilaksanakan peninjauan lokasi untuk dilakukan gotong royong dan bersih-bersih untuk kesiapan acara bersama instansi terkait.

Dishub Banjar yang dihadiri langsung Kadishub Banjar Aspihani, menyampaikan untuk peninjauan lokasi untuk kegiatan gotong royong dan bersih-bersih dari Dishub Banjar akan mengirim personil, dan pada saat pelaksanaan acara agar diperhatikan penataan parkir agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas.

"Terkait pengelolaan parkir agar ditegaskan apakah pihak masyarakat atau pengelola untuk menjamin keamanan dan kelancaran parkir pengunjung lokasi acara, serta agar disediakannya lokasi parkir khusus untuk tamu VIP," ucap Aspihani.

Turut hadir pada rapat tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dan perwakilan instansi dari Polsek Sungai Tabuk, Kodim 1006 Martapura, SATPOL-PP,  Dinkes, Dinas PRKPLH, DKISP, Dinas PUPR dan Pertanahan, BPBD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Dinas KUMPP  Camat Sungai Tabuk serta Pembakal Lok Baintan dan Sungai Pinang Lama. (IP. Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Ozi)


Komentar