Dishub Banjar Gelar Forum LLAJ Kesiapan MRLL MTQ Nasional ke-29

Martapura, InfoPublik – Dalam rangka mendukung Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke-29 Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar menyelenggarakan Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Bertemakan “Pemantapan Rencana Manajemen Rekayasa Lalu Lintas pada Kegiatan MTQ Nasional tahun 2022 pada wilayah Kabupaten Banjar serta Penanganan Pada Potensi Kecelakaan” bertempat di Aula Rukun Rakat Dishub Banjar, Martapura, Rabu (28/9/2022).

Diselenggarakan Forum LLAJ untuk membahas persiapan kegiatan MTQ Nasional ke-29 Provinsi Kalimantan Selatan yang dihadiri beberapa SKPD se-Kab.Banjar, Polres Banjar, BPTD Provinsi Kalimantan Selatan serta Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar H.Aspihani sekaligus menjadi moderator dalam Forum tersebut.

Adapun beberapa topik yang diangkat dalam forum tersebut yaitu rundown acara MTQ Nasional, manajemen rekayasa lalu lintas saat pawai ta'aruf, pengamanan jalur saat berjalannya kegiatan, dan faktor-faktor penunjang kegiatan MTQ Nasional ini.

Salah satu pembahasan yang menjadi sorotan ialah manajemen rekayasa lalu lintas pada saat pelaksanaan pawai ta'aruf peserta MTQ Nasional yang rencananya digelar mulai dari Alun-alun Ratu Zalecha Martapura sampai Bundaran Banjarbaru dan kembali lagi ke depan Pemda Banjar yang menjadi sorotan untuk penempatan rombongan peserta Kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia dan 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, serta Ruang kosong untuk Parkir kendaraan baik tamu undangan VVIP maupun peserta.

Dan juga dalam manajemen rekayasa lalu lintas melalui Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan akan mengalihkan arus lalu lintas Dari arah Hulu sungai-Banjarmasin dengan jenis kendaraan roda 2 & 4 akan dialihkan ke jalan Haji Duan(Mataraman)-Sungai Ulin(Banjarbaru) maupun sebaliknya dan untuk kendaraan sumbu tiga ke atas akan dijadwalkan dari jam 24.00-06.00 wita. Hal ini dilakukan agar mengurangi kepadatan dijalan yang akan digelar pawai ta'aruf.

Dari Hasil Rapat Forum LLAJ ini Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar mengajak kepada seluruh peserta rapat untuk saling berkolaborasi dan kerja sama demi mensukseskan Kegiatan MTQ Nasional ke-29 Provinsi Kalimantan Selatan dan kiranya kegiatan ini dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar serta seluruh lapisan masyarakat diajak untuk berpartisipasi agar suksesnya kegiatan tersebut. (IP. Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Aldi)


Komentar