Semarakkan Harjad Kabupaten Banjar Olahraga Tradisional Balogo Dipertandingkan

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar yang ke-72 Tahun. Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menggelar lomba balogo bekerjasama dengan PORTINA Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) serta Persatuan Olahraga Balogo Indonesia (PORGOSI) Kabupaten Banjar.


Lomba balogo dilaksanakan di Desa Lok Baintan Dalam Kecamatan Sungai Tabuk selama 2 hari yaitu tanggal 30 s.d 31 Juli 2022 dengan diikuti sebanyak 117 tim balogo sekabupaten Banjar.


Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Banjar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar Rakhmat Dhany, Camat Sungai Tabuk Taufiqurrahman dan Kepala Bidang Olahraga Heryanto. 


Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Rakhmat Dhany menyampaikan kegiatan lomba balogo ini merupakan sebuah sinkronisasi antar Program Pemerintah, yang saling mendukung antara satu lembaga dengan lembaga lain, antara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan Gerakan Ayo Olahraga yang digalakkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.


Lomba Balogo ini bertujuan antara lain untuk:


1. Meningkatkan angka partisipasi masyarakat Indonesia dalam berolahraga khususnya bagi masyarakat Kabupaten Banjar.


2. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan berolahraga.


3. Membudayakan dan menghidupkan Olahraga Tradisional.


4. Memeriahkan HUT RI yang ke 77 dan HUT Kabupaten Banjar yang ke 72.


5. Mewujudkan masyarakat yang Sehat, Bugar, Gembira dan Luar Biasa menuju masyarakat yang Maju, Mandiri dan Agamis (MANIS).


Sasaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah memasyarakatkan olahraga bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Banjar dan juga melestarikan Olahraga Tradisional Balogo serta menjadi agenda tahunan dalam memeriahkan Hari Proklamasi Republik Indonesia, Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan dan Hari Jadi Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar