Pentingnya Data dan Informasi Kependudukan, Dinsos P3AP2KB Bentuk Rumah DataKu

Martapura, InfoPublik - Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga  (Rumah DataKu) merupakan kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data informasi kependudukan di tingkat mikro.

Keberadaan Rumah DataKu penting untuk didirikan di seluruh desa untuk memasok kebutuhan-kebutuhan data yang akan digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan.

Pola kegiatan Rumah DataKu berbasis pada partisipasi masyarakat dalam pengelolaan data akan meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi kependudukan.

Dalam hal ini Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Banjar gelar Sosialisasi Pembentukan Rumah Dataku Rabu (16/11/2022) di Aula-nya. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah didamping Plt. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Sukini, Kasi Analisis Data dan Parameter Kependudukan Aisyah.

Sebanyak 20 (dua puluh) desa se-Kabupaten Banjar turut hadir dalam sosialisasi tersebut yang terdiri dari Kepala Desa/Ketua Rumah DataKu/Pengelola Rumah Dataku.

Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Banjar Siti Hamidah mengatakan, dalam rangka kesuksesan kita dalam pembentukan Rumah DataKu ini, perlu kepedulian dan peran serta masyarakat, mitra kerja dalam pengelolaan data kependudukan di kampung KB, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi.

“Peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan, sinergitas komponen bkkbn dan mitra kerja dalam penyediaan pemanfaatan data informasi untuk intervensi berbagai masalah kependudukan serta wahana belajar berinteraksi masyarakat melalui media data, modul, buku bacaan atau melalui penggunaan jaringan internet di Kampung KB," ungkap Hamidah. (IP Kab. Banjar/rahman brigade dinsosp3ap2kb)


Komentar