Dinkes Banjar Laksanakan Screening Pemeriksaan HB Bagi Pelajar.

Martapura, InfoPublik – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang Kesmas Seksi Kesga dan Gizi bekerjasama dengan UPT. Labkesda Kabupaten Banjar menggelar proses Screening kepada para pelajar khususnya para siswa, siswi yang berada di Kabupaten Banjar.

 

Kegiatan dimulai dari Sekolah Tingkat SMP Sederajat yaitu Tsanawiyah 8 Astambul Kabupaten Banjar, kemudian target berikut nya Martapura Timur, Mataraman, Karang Intan dan Martapura, Senin (14/11/2022).

 

Adapun target sebanyak 1.120 siswa yang ada di Kabupaten Banjar. Dengan salah satu tujuan screening ini adalah Untuk mengukur kadar Hb dalam darah, mengukur jumlah eritrosit secara tidak langsung.

 

Hemoglobin (Hb) merupakan komponen utama sel darah merah yang berfungsi sebagai transport oksigen serta mengetahui kader darah yang  menandakan tubuh mengalami gangguan-gangguan seperti kehilangan darah, gangguan fungsi ginjal dan sumsum tulang, paparan radiasi, atau kekurangan nutrisi seperti folat, dan vitamin B12. Ketika hemoglobin tidak dapat berfungsi dengan baik, tubuh akan mengalami beberapa gejala berupa lemas dan cepat lelah, sakit kepala dan pusing, kulit terlihat pucat, dada berdebar, serta sesak napas.

 

Menurut Agus Suprantio, sebagai koordinator kegiatan berharap para siswa dan siswi yang melaksanakan sceenning ini tidak mengalami gangguan-gangguan yang berhubungan dengan darah, seperti anemia sehingga tidak mengganggu proses belajar dan mengajar di sekolah sehingga anak-anak tetap semangat dalam mendapatkan pendidikan yang maksimal juga menjadi anak-anak cerdas berguna untuk keluarga, agama, banua, bangsa dan negara. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar