Dinas Perikanan Banjar Bentuk Kelompok Pembudidaya Ikan Kecil di Desa Aranio

Aranio,InfoPublik - Dinas Perikanan Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan pemberdayaan pembudidaya ikan kecil sekaligus Pembentukan Kelompok Pembudidaya Ikan Kecil di Desa Aranio.


Pada kegiatan ini hadir Kabid.Perikanan Budidaya Syahid bersama Tim didampingi Penyuluh Perikanan Kecamatan Aranio Akhmad Fauzi, di Balai Pertemuan Desa Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (10/11/2021).


Tujuan kehadiran Tim adalah dalam rangka untuk memberikan Motivasi dan Pembekalan kepada Masyarakat, khususnya yang berkecimpung dalam kegiatan Pembudidaya Ikan Air Tawar.


Kabid Perikanan Budidaya Syahid menyampaikan tiga hal penting yang harus dimiliki oleh masyarakat Pembudidaya Ikan. Tiga hal penting tersebut yaitu : Niat, Pengetahuan dan Sarana/Prasarana Permodalan.


Melihat antusias Masyarakat untuk berhadir di Balai Pertemuan Desa cukup banyak, ini menunjukkan bahwa Niat masyarakat untuk melakukan Pembudidayaan Ikan Kecil sangat baik.


Dikatakannya, hanya tinggal meningkatkan Pengetahuan dan Pemenuhan Sarana dan Prasarana. Karena Niat tanpa didukung oleh Pengetahuan yang memadai serta Sarana/Prasarana yang cukup akan menjadi penghambat dalam usaha Pembudidayaan Ikan tersebut.


"Untuk itu perlu dibentuk Kelompok Pembudidaya  sebagai Wadah Konsultasi dan Musyawarah untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan jika terjadi permasalahan dalam berjalannya waktu Pembudidayaan Ikan tersebut,"ucapnya.


Ditambahkannya, yang tidak kalah penting dalam Pembudidayaan Ikan, khususnya di kawasan Waduk Riam Kanan adalah kita harus terus memperhatikan Kelestarian Lingkungan dan Ekosistem. Jangan sampai membuang sampah sembarangan, bekas plastik-plastik membawa benih dan pakan, sehingga mencemari lingkungan.


"Karena keberadaan Waduk Riam Kanan di samping bisa digunakan untuk Pembudidayaan Ikan, Waduk Riam Kanan juga mempunyai Fungsi Strategis menyangkut keperluan hajat hidup orang banyak seperti Pembangkit Tenaga Listrik maupun Sumber Air PDAM. Oleh karena itu peran serta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan sangat diharapkan,"imbaunya


Berdasarkan Penuturan Manager PLTA Riam Kanan, bahwa sampai saat ini hampir 60% sampah yang ada di Waduk Riam Kanan dihasilkan dari Sampah Rumah Tangga dan Sampah Pelaku Wisata. Sedangkan 40% sisanya disinyalir dari bekas plastik-plastik tempat Ikan dan Pakan Ikan.


"Semoga kedepannya akan mendapat penanganan yang serius dari Instansi terkait,"harapnya.


Sedangkan Pemerintah Kecamatan Aranio, menyambut baik Kegiatan Pembentukan Kelompok Pembudidaya Ikan Kecil/Pembibitan, Semoga dengan lahirnya Kelompok-Kelompok Masyarakat Pelaku Usaha ini, kebutuhan Ikan sebagai sumber Protein di Kecamatan Aranio akan terus berkembang dan tercukupi, dan membawa kesejahteraan bagi Masyarakat Desa Aranio dan Sekitarnya. (IP Kominfo Kab. Banjar/Brigade Aranio/Nono/Man)


Komentar