Dinas P2KBP3A Kab. Banjar Gelar Pelayanan KB Gratis dan Sosialisasi 1000 HPK

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Banjar melaksanakan pelayanan jemput bola KB gratis sekaligus mensosialisasikan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam rangka acara Hari Kontrasepsi Sedunia di Kecamatan Telaga Bauntung, Selasa (26/10).

Turut berhadir Camat Telaga Bauntung Yuana Karta Abidin,  para Kepala Desa, beserta kader.

 

Kepala Dinas P2KBP3A Hj. Siti Hamidah dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan keluarga yang mempunyai balita dalam 1000 HPK. 1000 HPK adalah fase kehidupan yang dimulai sejak terbentuknya janin pada saat kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari).

Dia menjelaskan 1000 HPK disebut periode emas karena pada periode ini terjadi perkembangan yang sangat cepat sel-sel otak dan terjadi pertumbuhan serabut-serabut saraf dan cabang-cabangnya sehingga terbentuk jaringan saraf dan otak yang kompleks. Perkembangan otak ini hampir sempurna yaitu mencapai 80%, sehingga akan menentukan kualitas manusia dimasa depan.

“Jadi tugas kita bersama baik dari profesi gizi dan kesehatan dengan dukungan profesi lain serta lintas sektor untuk bekerja bersama memperbaiki kondisi masyarakat terutama dalam meningkatkan pengetahuan terkait gizi dan kesehatan”, ungkapnya

Dia berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menurunkan angka stunting di Indonesia khususnya di Kabupaten Banjar. (KB)



Komentar