DP2KBP3A Kab. Banjar Gelar Orientasi Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS)

Martapura, Infopublik - Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat  berupa pemberian KIE (Komunikasi Informasi Edukatif)), Konseling dan rujukan dalam permasalahan keluarga secara gratis berbasis intuisi.

 

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP2KBP3A Kab. Banjar Bidang KB KS melaksanakan Orientasi Kader Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga PPKS  dengan narasumber Ir. Ellya Rahmawati dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Materi  pada Orientasi PPKS adalah Dasar dan Kebijakan Terkait PPKS dan Peran Kader Bina Ketahanan Dalam PPKS yang dilaksanakan pada hari Rabu, 03 Februari 2021 bertempat di Aula Aula Dinas P2KBP3A Kabupaten Banjar.

 

Sekretaris DP2KBP3A, Hj. Mahdalena dalam sambutannya mengatakan dari 15 PPKS yang ada dikabupaten Banjar sampai saat ini belum ada yang maksimal dikarenakan banyak kadernya belum memahami pengelolaan kegiatan Pusat Pelayanan Sejahtera (PPKS).

 

Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) meningkatkan keberhasilan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Banjar memerlukan dukungan dan peran serta aktif masyarakat. Keberhasilan program KKBPK dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu aspek pengendalian kuantitas penduduk, aspek peningkatan kualitas penduduk dan aspek peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga di suatu daerah,” tambahnya.

 

Diharapkannya setelah mengikuti kegiatan orientasi ini Kader PPKS dapat memahami pengelolaan Tugas dan Fungsi sebagai Kader Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS). (McBanjar/KB/Au)


Komentar