Dinkes Gelar Meeting Of Coc/SUFA Cascade Meeting and Validation

Martapura, InfoPublik - Meeting of Coc/SUFA (Strategic Use For ARV) sebagai bentuk penguatan layanan HIV Continum of Care bagi lintas sektor, dan pengelola program HIV di layanan kesehatan tingkat Kabupaten Banjar tahun 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Melaui Bidang P2P Seksi P2PM ini, di Aula Bapeddalitbang Lantai 3 Martapura, Selasa (25/10/2022).

Kegiatan ini sehubungan dengan capaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan dan penyebarluasan informasi HIV (human immunodeficiency virus), AIDS (acquired immune deficiency syndrome) dan IMS (infeksi menular seksual) di Kabupaten Banjar, yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penemuan secara dini pada kelompok berisiko di masyarakat.

Meeting of Coc/SUFA ini selain sebagai sarana informasi situasi kondisi HIV AIDS dan IMS di Kabupaten Banjar, pertemuan ini juga sarana diskusi, mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di layanan kesehatan, khususnya mengenai layanan HIV AIDS dan IMS, sehingga bisa ditemukan solusi sesegera mungkin.

Peserta pada kegiatan meeting of Coc/SUFA, para pelaksana program serta sumber-sumber pendukung untuk pelaksanaan kegiatan, baik yang berasal dari

1. Pengelola Program Dan Petugas Admin HIV Puskesmas Se Kabupaten Banjar 

2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 

3. RSUD Ratu Zalecha

4. RS Ciputra 

5. UTD Kabupaten Banjar

6. Lapas Perempuan dan Narkotika

Kegiatan ini dilanjutkan dengan paparan terkait situasi kondisi HIV AIDS dan IMS di Kabupaten Banjar, serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Selain itu, juga dilaksanakan diskusi dan tanya jawab terkait permasalahan yang sedang dialami layanan fasilitas kesehatan terkait HIV AIDS dan IMS yang dipimpin oleh Ibu Kasi P2PM Ibu Mariana, A.Md dan  Dewi Ariyani, selaku pengelola program HIV AIDS dan IMS Dinas Kesehatan Banjar dan juga ibu Firyal Afifah Juanda, S.Kep, Ners.

Selain untuk meningkatkan cakupan penemuan secara dini pada kelompok berisiko di masyarakat kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan Mutu Data Pelayanan Tes dan Pengobatan HIV dan IMS, Serta Meningkatkan Capaian Pelayanan Sesuai Target Pelayanan dan Untuk Koordinasi Perencaan dan Evaluasi Kegiatan di Tingkat Kabupaten Kota dengan Layanan dan Unit Kerja Lain di Wilayah Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar