Dialog GPR TV, Radio Suara Banjar Penyampai Misi Pendidikan dan Ramah Anak

Martapura, InfoPublik – Radio Suara Banjar bersama Dinas Pendidikan pada saat awal pandemi  membuat sebuah acara pembelajaran jarak jauh melalui media radio dengan nama Wajar atau Wadah Belajar.

 

Hal tersebut dikatakan Station Manager Radio Suara Banjar Akhmad Effendy di sesi dialog dengan televisi Kementerian Kominfo RI GPR Tv yang dipandu Mona Azhari Nissaq secara Virtual Tapping di Command Center Manis, Martapura, Selasa (20/12/2022) siang.

 


Dijelaskannya pembelajaran di radio  untuk pelajar kalangan SD dan SMP itu dikoordinir Guru Mata Pelajaran secara bergantian dengan jadwal dibuat Dinas Pendidikan dan Radio Suara Banjar menyediakan media radio/ slot  serta operator saat acara berlangsung selama 60 menit secara live.

 

"Perlu digaris bawahi dalam kerja sama ini pihak Radio Suara Banjar dan Dinas Pendidikan murni melakukan dengan misi sosial bukan pada sisi mencari keuntungan atau profit oriented dimana pihak radio tak mengenakan biaya pemakaian jam siaran dan Dinas Pendidikan tak memberikan anggaran honor kepada pengisi siaran semua dilakukan demi majunya standar mutu pendidikan di Kabupaten Banjar,” ujar pria yang akrab disapa Pepen tersebut.

 

Pepen menambahkan jika pihaknya menyadari pendidikan dan acara yang ramah anak punya arti penting serta perlu diadakan di Kabupaten Banjar dan kemudian melakukan kerja sama dengan Forum Anak Kabupaten Banjar yang telah banyak mendapat penghargaan di tingkat nasional melalui acara Rahatan atau Radio Sahabat Anak.

 


Lanjutnya, 2022 ini acara Rahatan mendapatkan penghargaan dari KPID sebagai radio ramah anak di Kalsel dan mewakli untuk mengikuti lomba Radio Ramah Anak yang diselenggarakan RRI Pusat Jakarta dalam perayaan Puncak Hari Anak Nasional pada Juli lalu.

 

"Dalam lima tahun kedepan tentu banyak tantangan yang dihadapi apalagi dengan dasyatnya arus informasi dari luar yang kita hadapi, namun dengan keyakinan dan kemauan para pengelola, maka lima tahun kedepan prospek radio pemerintah daerah masih cukup baik, karena pendengar tentu masih ingin terus memantau apa saja kemajuan serta permasalahan yang ada di daerah dan disinilah peran radio menjadi sangat penting," pungkas dia. (MC Kominfo Kab. Banjar/Melda/Pepen/Man)


Komentar