Desa Sungai Kupang, Gerak dan Langkah terus Dilakukan untuk Pembinaan Pemerintahan Desa di Kecamatan Gambut

Gambut, InfoPublik - Tim kembali melakukan Kunjungan ke Desa Sungai Kupang merupakan Desa ke-9 yang dikunjungi, Kamis (10/11/2022).

Kunjungan dalam rangka monitoring, pembinaan dan evaluasi ini merupakan implementasi dari berbagai Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya terhadap Pambakal, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang menghadirkan berbagai Narasumber baik Pejabat dari Dinas PMD maupun Tenaga Ahli dari Kabupaten Banjar.

Kegiatan dengan penyampaian susunan acara oleh Staf Seksi Kesejahteraan Sosial Nuri Firnida yang diawali dengan do'a dan dirangkai dengan sambutan serta arahan oleh berbagai pihak.

Kunjungan kembali dipimpin  Ketua Tim yang juga Sekcam Gambut H. Zakaria yang dihadiri Pambakal Ardiansyah, Sekdes Busra dan  Perangkat Desa lainnnya serta Ketua BPD Muhammad Yusup serta seluruh Anggota BPD.

Sambutan diawali oleh Pambakal Sungai Kupang yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Tim yang berkenan melakukan pembinaan sekaligus diharapkan ikut membantu menata tertibkan administrasi desa serta meningkatkan kapasitas Perangkat Desa. Disadari bahwa kemampuan SDM masih kurang, hingga perlu dukungan dan binaan baik dari Pemerintah Kecamatan Gambut maupun Pemerintah Kabupaten Banjar. Selain itu, jika ditemukan hal-hal yang masih kurang akan dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan.

Hadir sekaligus memberikan sambutan polmas Erwan mewakili Kapolsek Gambut bahwa pihak Kepolisian selalu mendukung program Kecamatan dan Desa, agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di desa  Polri selalu siap bekerja sama untuk perbaikan ke depan. Hingga apapun hasil evaluasi yang disampaikan Tim, agar bisa ditindaklanjuti oleh Pemerintahan Desa

Sekcam Gambut selaku Ketua Tim, selalu menyampaikan bahwa Monitoring, Pembinaan dan Evaluasi ini sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan bersama dalam rangka perbaikan dan peningkatan Kecamatan Gambut ke depan dengan fokus  Harmonisasi hubungan antara Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Buku Administrasi Pemerintahan Desa (27 buku), Administrasi BPD berupa Struktur Organisasi, Tata Tertib BPD dan Buku Administrasi (15 buku), Pelaksanaan Pembangunan Fisik berikut penyelesaian Administrasi Keuangannya, Dalam membuat perencanaan agar dipisahkan antara kewenangan Desa dan bukan kewenangan Desa, Data-data terkait Kesejahteraan Sosial seperti Penerima BLT, PKH dan lainnya sesuai kewenangan Desa,  Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat  seperti eksistensi dan kiprah  Kepala Lingkungan, Ketua RT dan Linmas  Desa,  Kunjungan dalam rangka monitoring, pembinaan dan evaluasi ini dimaksudkan tidak untuk mencari kelemahan atau kesalahan, tapi untuk memperbaiki, melengkapi bahkan berupaya menyempurnakan administrasi Pemerintahan Desa.

Hasil evaluasi dari kunjungan ini didapatkan bahwa sebagian besar yang menjadi fokus terkait Administrasi Pemerintahan Desa maupun BPD yg disebutkan di atas sudah dimiliki dan hampir semua dapat dikerjakan dengan baik oleh Pemerintahan Desa Sungai Kupang.

Hingga Tim patut memberikan apresiasi positif terhadap Pemerintahan Desa Sungai kupang  hingga dapat menatap dan melangkah ke depan dengan baik dengan berbagai langkah-langkah terobosan.

Tim juga bekerja sama bahkan didukung penuh para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa di bawah kepemimpinan Riva Fahria yang juga menyampaikan berbagai hal terkait dengan perencanaan, administrasi pembangunan sudah bisa dikerjakan, dan pelaporan keuangan desa yang sudah sesuai dengan apa yg dikerjakan.karena desa sungai Kupang baru beberapa bulan lalu sudah di periksa oleh Inspektorat.

Setelah dilakukan evaluasi, Pambakal mengharapkan agar kegiatan Peningkatan Kapasitas Pambakal, Perangkat Desa dan BPD ke depan alangkah baiknya jika dilakukan di tempat yang lebih nyaman dan representatif hingga peserta bisa lebih menikmati. Jika diperlukan bantuan dan dukungan, pihak desa siap untuk bekerjasama mewujudkannya.

Pada bagian akhir ditegaskan Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut, bahwa di Tahun Anggaran 2023 dilakukan pengembangan dan pengkhususan kegiatan yang lebih difokuskan pada Peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia baik Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Sistem Pengelolaan dan Pelaporan  Keuangan Desa dan Penatausahaan Aset Desa jelasnya. Selain itu, juga bapak kasi pemerintahan berharap agar Pambakal desa Sungai Kupang segera mengisi kekosongan aparat desa dengan jabatan kaur umum dan perencanaan kalau bisa di tahun ini kalau ada perubahan tolong berkoordinasi dengan PD/PLD.

Dan semoga dengan pembinaan ini kita semua bisa meningkatkan lagi kinerja kita untuk tertib nya administrasi di desa sungai Kupang. (IP. Kab. Banjar Banjar/ Hairudin).


Komentar