Desa Lihung Masuk Nominasi Program Kampung Iklim 2022

Martapura, InfoPublik - Desa Lihung terdaftar dalam Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2022 oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hal ini terungkap saat penanam bibit pohon oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar, Rabu (29/6/2022).

Keikutsertaan ini mendapatkan dukungan Camat Karang Intan dan dorongan serta upaya dari Desa Mandikapau barat sebagai Pembina Desa Proklim yang sudah mendapatkan penghargaan Trophy Utama Proklim 2021 yang sedang menuju Proklim Lestari 2023.

Camat Karang Intan Muhammad Ilmi mengucapkan syukur program kampung iklim ini bisa masuk ke desa Lihung beserta 9 desa yang lain dengan perolehan nilai di atas 90 turut membanggakan Kecamatan K
Karang Intan.

Kepala Desa Lihung Aulia Rahman saat memberikan sambutan dalam keikutsertaannya dalam proklim (program kampung iklim) tahun 2022.

"Terima kasih atas bantuan pembinaan dan dorongan yang telah diberikan Dinas PRKPLH serta seluruh aparat Desa Mandikapau barat sebagai Pembina Desa,"ujar Aulia Rahman

Dijelaskan Aulia Rahman Lihung adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Luas wilayah 2.600 Km, jumlah penduduk dengan jumlah penduduk sebanyak 795 jiwa sedangkan jumlah kepala keluarga sebanyak 264 kepala keluarga.

Senada dengan pernyataan Kepala Desa Lihung, Taufikurrahman Sekdes Desa Lihung juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yunida Rosniar dan seluruh staf KSDAPLH yang sudah membantu desa Lihung meraih nominasi untuk proklim,"ungkap Taufik

Sementara itu, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar khususnya Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Kepala seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (KSDAPLH) Yunida Rosniar selaku Pembina Proklim.

Dikatakannya, Pemerintah daerah merasa gembira atas antusias dari Lihung dalam membangun desanya terutama di bidang pengelolaan lingkungan.

"Penanaman pohon sebanyak 130 bibit pohon atas dasar permintaan dari kepala desa Lihung untuk mencegah dan mengurangi dampak erosi dan agar lebih terlihat asri desanya,"ujar Yunida.

Tidak jauh dari lokasi penanaman terdapat maqam dari kesultanan Banjar yaitu Sultan Sulaiman dan 1 maqam Habib yang rencananya akan dijadikan wisata religi yang nantinya dapat menyumbang PAD desa Lihung yang merupakan desa tertua.

program kampung iklim merupakan program pemerintah pusat dengan rencana capaian target 20.000 proklim di tahun 2024 sebagai upaya dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca .(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar