Ketua Dekranasda Banjar Harapkan Pelatihan Sasirangan Beri Peluang UMKM Baru

Martapura, Infopublik - Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj.Nurgita Tiyas membuka Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan di Gedung Dekranasda Banjar, Selasa (15/2/2022).

 

Sasirangan merupakan kain kebangaan masyarakat Banjar secara meluas khususnya Kalimantan Selatan.

 

Gita menjelaskan pelatihan pembuatan kain sasirangan yang dilaksanakan lebih mengarah melahirkan pelaku usaha mikro baru agar bisa membantu perekonomian keluarga.

 

"Mudah-mudahan peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menyerap ilmu maupun pengetahuan seluk beluk pembuatan Sasirangan, " Ujarnya.

 

Gita yang juga Istri Bupati Banjar tersebut berharap adanya penggabungan Dinas Koperasi dengan Disperindag bisa lebih spesifik lagi mengawal dan melahirkan para Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) baru.

 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Banjar I Gusti Made Suryawati menyampaikan tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya Sasirangan serta meningkatkan kemampuan SDM pengrajin di Kabupaten Banjar.

 

Made menyebut kegiatan berlangsung dari Selasa hingga Sabtu Tahun 2022 tetap menerapkan Prokes yang ketat.

 

"Peserta dari berbagai kecamatan berjumlah 10 orang yaitu dari Kecamatan Martapura 3 orang, Martapura Timur 2, Astambul 2, Mataraman 1 dan Simpang Empat 2, " ucapnya.

 

Diakhir pembukaan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis alat atau fasilitas pelatihan kepada dua orang peserta.

 

Narasumber atau instruktur yang membina peserta yakni Syahrani dari Shedma Sasirangan dan Arbain dari Dhika Sasirangan. (McBanjar/Zidane/Fahrizal/Faris)


Komentar