Daftarkan Dua Inovasi, Pemkab Banjar Harapkan Toreh Prestasi di Tingkat Provinsi

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar Daftarkan dua Inovasi unggulan yaitu KURMA MANIS dan SI-MANIES BANK DAUR’S PURNA PRAJA pada lomba inovasi Kalimantan Selatan Innovation Award (IKA) Tahun 2022.

 

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam rangka mendorong inovasi di seluruh Kabupaten, Rabu (13/7/2022)

 

Inovasi yang diikutsertakan ini dipilih karena sudah diterapkan dala rentang tahun 2022-2021 yang melibatkan stakeholders yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

 

 

Adapun inovasi Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju Mandiri dan Agamis (KURMA MANIS) di launching pada 21 Juni 2021, yang mana merupakan inisiasi dan kebijakan langsung Bupati Banjar H Saidi Mansyur dalam menanggulangi dampak sosial ekonomi akibat pandemi meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya pengembangan usaha mikrosektor usaha pertanian, perikanan, peternakan, perdagangan, industri kecil dan lainnya.

 

Dengan bekerjasama PT BPR Martapura Banjar Sejahtera sebagai Badan Usaha Milik Daerah, inovasi ini memberikan manfaat membantu pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usahanya dimasa pandemi dengan bunga 0%, dan tanpa biaya administrasi.

 

Dalam tahap I di tahun 2021 telah disalurkan total pinjaman Rp 250 juta kepada 50  pelaku usaha dan ditahap II tahun 2022 akan disalurkan Rp 1 miliar dan pada 21 Juni 2022 bulan lalu, telah disalurkan ke 61 pelaku usaha dengan pinjaman sebanyak Rp 365 juta.

 

Senada dengan KURMA MANIS, BANK DAUR’s PURNA PRAJA didaftarkan karena mempunyai tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah, pemanfaatan sampah agar dapat di daur ulang, gerakan masyarakat dengan membersihkan sungai dan lingkungan tempat tinggalnya, pola kegiatan pelaku usaha yang berwawasan lingkungan serta terbantunya perekonomian masyarakat khususnya masyarakat ekonomi ke bawah.

 

Tujuan bank sampah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Si-Manies Bank sampah Daur’s Purna Praja juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan yang memiliki nilai ekonomis.

 

Inovasi ini terlahir dari masalah sampah yang jadi permasalahan besar bagi masyarakat tidak terkecuali pemerintah, selain dari jumlah yang selalu meningkat, juga didasari pada sumber daya pengolahan yang belum maksimal.

Diinisiasi oleh Lurah Mandarsari Nuri Ansari Si-Manies Bank Daur’s Purna Praja hingga sekarang ini memiliki 230 nasabah tetap dan gudang penyimpanan, alat trasportasi 1 unit sepeda motor roda tiga dan 3 unit gerobak sepeda, 3 unit mesin pencacah, 1 unit mesin pemotong gelas plastik dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah menjalani Studi Manajemen Pengelolaan Bank Sampah.

 

Dengan didaftarkannya 2 inovasi ini diharapkan dapat menorehkan prestasi di bidang inovasi baik tingkat provinsi sampai ketingkat Nasional. (IP Kab. Banjar/Bridage Bappedalitbang)

 


Komentar