Bupati Banjar Pimpin Rapat Orientasi Penyusunan RPJMD Dan Renstra Tahun 2021-2026

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bapedda Litbang) Kabupaten Banjar melaksanakan orientasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis (Renstra) tahun 2021-2026 bagi perangkat daerah, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Rabu (31/3/2021) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur didampingi Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM. Hilman serta seluruh Kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar 

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur mengatakan dalam sambutannya, orientasi penyusunan RPJMD ini dimaksudkan untuk menyelaraskan persepsi dari semua elemen pemerintahan, guna menyamakan pandangan dan pemahaman terhadap arah kebijakan dan prioritas dalam perencanaan pembangunan.

“Saya berpesan kepada tim penyusun RPJMD serta seluruh Kepala SKPD dalam rangka penyusunan RPJMD dan Renstra agar dalam penyusunannya benar-benar memperhatikan aturan yang berlaku serta dapat mengakomodasi target-target yang akan dicapai yang di tuangkan dalam Visi, Misi, Tujuan dan sasaran melalui program-program prioritas, sehingga diharapkan tujuan perencanaan dapat tercapai,” kata H. Saidi Mansyur

H. Saidi Mansyur menjelaskan, posisi indicator makro Kabupaten Banjar secara umum saat ini masih berada di posisi menengah, bahkan pada beberapa indikator masih berada di posisi bawah.

“Untuk itu dalam kesempatan ini dengan kekuatan kerja bersama sebagai modal utama dalam melakukan transformasi dan berbagai lompatan kemajuan pembangunan Kabupaten Banjar. Dengan memperhatikan visi Kabupaten Banjar tersebut, serta perubahan paradigma dan kondisi yang akan dihadapi pada masa yang akan datang, diharapkan Kabupaten Banjar dapat lebih berperan dalam perubahan yang terjadi di lingkup regional, nasional maupun global,” jelasnya.

Kepala Bapeddalitbang Dr. Hj. Galuh Tantri Narindra mengatakan, pelaksanaan Orientasi penyusunan RPJMD dan Renstra tahun 2021-2026 mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

“Orientasi ini untuk memberikan pembekalan kepada semua SKPD dalam menyusun RPJMD Kabupaten Banjar tahun 2021-2026, yang merupakan tugas pemerintah daerah, untuk mencapai visi misi Bupati dan Wabub dalam 5 tahun kedepan,” terang dia. (MC Kominfo Banjar/Rzq)


Komentar