Bupati Banjar Pimpin Rakor Percepatan Vaksinasi

Martapura, InfoPublik - Data terbaru dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar angka capaian vaksinasi di Kabupaten Banjar adalah 23,06 persen. Hal ini menjadi perhatian penting mengingat target akhir Desember mendatang harus mencapai 70 persen secara keseluruhan.

Dipimpin Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, dimoderatori Sekda H. M Hilman, Pemkab Banjar menggelar rapat koordinasi percepatan vaksinasi, dihadiri Kasdim 1006 Banjar Taufik Anshari, Kapolres Banjar Doni Hadi Santoso dan seluruh Camat se Kabupaten Banjar, di Mahligai Sultan Adam lantai 2 Martapura, Selasa (23/11/2021) siang.

Rakor kali ini juga membahas kendala dan terobosan yang akan dilakukan semua pihak baik Pemkab Banjar, Polres dan Kodim serta para camat yang bertanggung jawab langsung di lapangan, bersama sama mencari solusi agar percepatan vaksinasi dapat tercapai.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, meskipun pelaksanaan vaksin di Kabupaten Banjar sudah sangat banyak, ternyata secara data angka naiknya cukup sedikit. Ada beberapa kendala teknis yang terjadi seperti pernah terjadi kesalahan input, yang harus menjadi perhatian agar kedepannya tak terjadi lagi. Secara khusus Saidi juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam pencapaian peningkatan vaksinasi di Kabupaten Banjar.

“Selaku penanggung jawab Satgas tentunya menginginkan mempunyai prestasi yang baik, maka telah disepakati akan diberikan reward kepada pelaksana program vaksinasi di kecamatan, namun ini bukanlah merupakan persaingan melainkan kompetitif dalam percepatan vaksinasi” ujar Saidi.

Dikatakan, hingga 22 November sudah lebih seratus ribu jiwa yang sudah di vaksin. Hal ini menjadi perhatian khususnya Dinkes agar harmonisasi jangan menjadi kendala, terutama Puskesmas di Kecamatan harus melakukan koordinasi lebih baik lagi.

” Semoga dengan temu koordinasi ini pelaksanaan capaian vaksinasi menjadi lebih baik pula nantinya” harap Saidi.

Lebih jauh dikatakannya, untuk evaluasi harus dalam bentuk presentasi, karena  diperlukan keseriusan dalam pendataan. Kepada rekanan di kecamatan juga harus aktif berkeliling dalam pendataan.

” Tidak menutup kemungkinan terget Presiden bisa kita capai, karena saat ini ketersediaan vaksin sudah cukup banyak, tinggal kita bersama sama mengatasi beberapa kendala baik minat warga, mendapat dukungan masyarakat, Insyaallah dari Forkopimda siap dalam percepatan vaksinasi ini” ujarnya.

Saidi memastikan kedepan juga akan dibuat edaran terkait percepatan vaksinasi serta beberapa inovasi, dengan harapan kedisiplinan masyarakat bisa optimal dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Banjar. (IP Kominfo Kab.Banjar/Pepen/Agusoke/Sarah)


Komentar