Bupati Banjar Launching Program Menanam Bersama Manis di Ponpes Darussalam Takhasus

Martapura,InfoPublik - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Program Menanam Bersama Manis yang dicanangkan oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur bersama Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan Plakat serta Piagam Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2021 dari Pemerintah Kabupaten Banjar kepada 1 Kelurahan dan 3 Desa, di Pondok Pesantren Darussalam Takhasus Desa Tanjung Rema, Kamis (16/12/ 2021).

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Mursal yang dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan yaitu untuk meningkatkan Nilai Indeks Kualitas Lahan melalui Penanaman Pohon dan Perluasan Area Penanaman serta bertujuan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon bagi makhluk hidup dan untuk menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Sementara Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan launching Program Menanam Bersama Manis dan sangat berharap kegiatan Menanam Bersama Manis mendapat dukungan dari berbagai pihak, mengingat manfaat penting yang dirasakan dengan keberadaan tanaman.

”Karena memiliki manfaat yang sangat penting tersebut, maka penting bagi kita untuk melakukan penanaman pohon bersama MANIS yang saya programkan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar. Ayo kita menanam, Insya Allah penanaman pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan lingkungan hidup yang juga dinikmati anak cucu kita di masa yang akan datang,”ajaknya.

Adapun yang sudah ditanam sebanyak 69 pohon yakni :
- Ketapang Kencana 10 Pohon
- Tabebuya 10 Pohon
- Rambutan 10 Pohon
- Mahoni 4 Pohon
- Pucuk Merah 3 Pohon
- Bibit Mahoni 10 Batang
- Bibit Trambesi 10 Batang
- Spatudea 10 Pohon
- Manggis 1 Pohon
- Sawo 1 Pohon

Sedangkan Plakat dan Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Banjar diserahkan langsung oleh Bupati Banjar didampingi Wakil Bupati Banjar kepada Kepala Desa Mandikapau Barat H.Abdul Basit, Pimpinan Pondok Pesantren Kiai Zarkasy Hasbi, Lurah Sekumpul Gt. Marhusin, dan Kepala Desa Indrasari Amat Yani serta Plakat Menanam Bersama Manis Untuk Pondok Pesantren Darussalam Takhasus yang diterima langsung oleh Pimpinan KH Ahmad Tarhib.

Turut hadir dalam acara tersebut, unsur Forkopimda Banjar, pimpinan Ponpes Takhasus KH Ahmad Tarhib, serta para ustadz, Pimpinan Darul Hijrah Martapura KH Zarkasy  Hasbi, pejabat Lingkup SKPD,  Kepala KPH Kayu Tangi  serta penerima Proklim. (IP Kab. Banjar/Brigade DLH/Muhib)


Komentar