Bupati Banjar Ingatkan Prokes Pada Rakor Persiapan Pilkades 2021 Serentak

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka mensinergikan kondisi, situasi yang aman dan damai serta sinergitas koordinasi untuk menyamakan persepsi bersama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Forkompimda menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Mahligai Sultan Adam, Pendopo Bupati Banjar, Senin (8/3/2021).

Rakor dibuka Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, juga dihadiri Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar H. M. Hilman, Dandim 1006 Martapura Letkol Imam Muctharom, perwakilan Polres Banjar dan Banjarbaru, serta perwakilan DPRD Banjar, Asisten I Pemerintahan dan Kesra H. Masruri, beberapa Kepala SKPD terkait dan Camat se-Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur mengatakan sebagaimana telah diketahui bersama, bahwa proses pelaksanaan tahapan Pilkades di Kabupaten Banjar sudah dimulai pada tahun 2020, kemudian seiring terjadinya bencana non alam Covid-19 dan bertambahnya korban Covid-19 di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan Pilkades dan pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) pun dihentikan sementara oleh Pemerintah Pusat,” ucap Bupati Banjar.

Saidi menyampaikan, untuk menjadi perhatian bersama adalah penerapan protokol kesehatan Covid-19, untuk mencegah jangan sampai terjadinya kerumunan dan penularan Covid-19 pada pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 ini.

“Saya mengimbau kepada masyarakat khususnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terlibat dalam pembentukan panitia Kepala Desa ini agar melibatkan aparat keamanan yakni TNI-Polri untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah,” terang Bupati.

Ia berharap rapat koordinasi ini, dapat memberikan masukan yang baik, guna terlaksananya pemilihan Kepala Desa yang aman, tertib, jujur dan adil sehingga menghasilkan pemimpin-pemimpin Desa yang mampu mengemban dan melaksanakan amanat rakyatnya.

Adapun pihak keamanan, baik dari Kodim 1006 Martapura, Polres Banjar dan Polres Banjarbaru siap memberikan dukungan untuk mensukseskan Pilkades Serentak 2021 Kabupaten Banjar yang ditetapkan pada hari Senin, 24 Mei 2021, melibatkan 140 Desa dari 277 Desa di Kabupaten Banjar yang mengikuti Pilkades. (MC Kominfo Kab. Banjar/Melda/Prs)


Komentar