Bupati Banjar Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H Khalilurrahman mengikuti upacara peringatan hari kesaktian Pancasila 2020 secara virtual di Mahligai Sultan Adam Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (1/10/2020) pagi.

Turut serta dalam upacara tersebut  Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM Hilman, Kapolres Banjar, AKBP Andri Koko Prabowo, Perwakilan Kodim 1006 Martapura, Perwakilan Kajari Banjar. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan tetap menggunakan masker.

Bertemakan ” Indonesia maju berlandaskan Pancasila ” upacara digelar di Monumen Pancasila sakti lubang buaya, Jakarta Timur. Di Inspekturi oleh Presiden Joko Widodo, berlangsung sederhana dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Upacara ini berdasarkan surat edaran Mendikbud tentang penyelenggaraan peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020, Kepala Daerah atau Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kantor/lembaga daerah wajib mengikuti upacara peringatan kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing masing .

Dalam pembacaan ikrar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyebutkan.

“Kami menyadari sepenuhnya sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara kesatuan RI 17 agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak rongrongan dalam negeri dan luar negeri terhadap NKRI, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan dikarenakan kelengahan kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan pancasila sebagai ideologi negara,”ucap dia.

Lebih lanjut, bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI, maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekutan menggalang  kebersamaan untuk memperjuangankan menegakkan  kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Adapun teks Pancasila dibacakan oleh ketua MPR RI Bambang Soesatyo dilanjutkan pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti dan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy. (MC Kab.Banjar/Fuad/Man/toeb)


Komentar