Bupati Banjar Harap Penataan Kawasan Sekumpul Selaras Dengan Program Pemerintah Daerah

Martapura, InfoPublik - Bupati Banjar H.Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Banjar H.Said Idrus Al-Habsyie silaturrahmi sekaligus menghadiri sosialisasi terkait Penataan Kawasan Sekumpul, di Aula Gang Mahabbah Sekumpul, Senin (08/03/2021) Malam.

Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Sekda Banjar HM Hilman dan dihadiri KH Khatim Salman, Imam Musholla Ar-Raudhah Sekumpul KH Sa'duddin, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel Dardjat Widjunarso bersama jajaran Kementrian PUPR, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H.Masruri, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kepala Kantor Kemenag Banjar Najwan Noor, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin, Skpd terkait serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam keterangannya H.Saidi Mansyur mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar sudah melakukan koordinasi terkait kesiapan lahan sekumpul yang akan dibangun, agar bisa dihibahkan untuk kelancaran pembangunan yang akan dilaksanakan dan kawasan penataan sekumpul ini mendapat support dari Kementrian PUPR Pusat sehingga nantinya akan dilaksanakan oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel.

"Sumber anggaran adalah dari Pemerintah Pusat, dan penataan kawasan sekumpul merupakan salah satu kehadiran pembangunan yang mana ada 3 segmen, diantaranya dimulai dari samping Mesjid Syiarussolihin atau yang dikenal dengan Mesjid Pancasila, kemudian masuk ke jembatan irigasi 440 meter. Dimana akan dibangun berstruktur penataan drainase sepanjang jalan sekumpul beserta jalur pejalan kaki akan dibangun gerbang kawasan 1 dan 2,"ucapnya.

Saidi Mansyur menjelaskan Gerbang kawasan 1 terdiri ada 4 gerbang, yaitu gerbang A depan mesjid, gerbang B jalan Sekumpul, gerbang C didepan pos Polisi, dan gerbang D didepan Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS).

Kemudian Gerbang kawasan 2 yaitu disamping Mesjid Pancasila, dimana disana nantinya ada pembangunan gardu multifungsi yang berguna untuk tempat tandon air, wc umum dan pos keamanan sekaligus akan dibangun jalur saluran irigasi disamping jembatan irigasi sekumpul serta akan ditata pembangunan pusat perbelanjaan untuk penataan UMKM masyarakat sekitar. Juga dibangun drainase di sepanjang jalan inspeksi gagasi dari jembatan irigasi menuju RTH di jalan Pendidikan.

"Segmen kedua akan dilakukan di tahun 2022 tentu dari jembatan irigasi hingga komplek Ar-Raudhah, kemudian segmen ketiga di tahun 2023 dilanjutkan hingga sekumpul ujung,"jelasnya.

"Semoga bisa terlaksana, karena ini merupakan satu-satunya jalan untuk bisa memulihan ekonomi bagi masyarakat terdampak, apalagi di Kabupaten Banjar saat ini kasus Covid-19 masih tersebar dan dirasakan oleh masyarakat,"harapnya.

Bupati Banjar juga memohon kepada masyarakat sekumpul untuk mendukung kegiatan ini, agar pembangunan penataan kawasan sekumpul bisa berjalan dengan lancar.

"Lewat penataan kawasan sekumpul inilah, ikon sekumpul bisa membawa manfaat untuk warga sekitar, sehingga selaras dengan keinginan kami juga dalam menata Kota Martapura,"ungkapnya.

Selain itu dalam paparannya Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan Dardjat Widjunarso mengatakan kegiatan sekumpul ini awalnya digagas oleh Rifqinizamy Karsayuda kemudian disampaikan kepada Menteri PUPR RI hingga disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Pada saat itu kami hanya diberi waktu 3 bulan untuk penataan kawasan religius sekumpul, dimana dalam waktu tersebut kami melakukan pengukuran, sosialisasi, pendekatan, hingga membuat designnya,"ujarnya.

Total keseluruhan untuk penataan kawasan sekumpul berjumlah 31 Miliar Rupiah, dengan menggunakan barang-barang yang berkualitas.

Visi dari kawasan sekumpul adalah kawasan wisata religius islami yang berketahanan dan berkesinambungan sementara konsep dari sekumpul sendiri adalah "Sejadah Sekumpul" yang berarti Santun Jannah Indah.

Dardjat menambahkan konsep wisata religius sekumpul ini diharapkan dapat mendukung kegiatan religi dan menjadi peribadatan masyarakat baik dari dalam dan luar daerah. (MC/agus/Rptr/zidan/kominfobanjar)


Komentar