Hadiri Temu Budidaya Ikan Lokal, Bupati Banjar Canangkan Kawasan Kampung Budidaya Ikan Papuyu

Martapura, InfoPublik - Sektor perikanan di Kabupaten Banjar merupakan salah satu sektor unggulan yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi, dimana data statistik menunjukkan bahwa rata-rata pertumbuhan ekonomi sektor perikanan pada kurun waktu tahun 2000 hingga 2019 mencapai 4,58%.

Demikian disampaikan Bupati Banjar H.Saidi Mansyur saat Temu Koordinasi Budidaya Ikan Lokal sekaligus mencanangkan Kawasan Kampung Budidaya Ikan Papuyu di Desa Karang Intan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kamis (01/07/2021)siang.

Saidi Mansyur mengatakan temu koordinasi Pengembangan Budidaya Ikan Lokal dan Pencanangan Kawasan Kampung Budidaya Ikan Papuyu di Kabupaten Banjar merupakan salah satu titik awal dalam upaya perwujudan pembangunan perikanan sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banjar.

Dirinya berharap pembangunan sektor perikanan ini dapat menjadi pembangunan ekonomi yang inklusif, yang mampu berperan dalam pemulihan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, maupun percepatan penanganan Stunting di Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Riza Dauly mengungkapkan temu koordinasi ini dalam rangka percepatan transformasi di sektor perikanan yang merupakan bagian dari pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banjar.

"Saat ini teridentifikasi hanya 54 pembudidaya pengembangan budidaya ikan lokal, terdiri dari 23 pembudidaya pembesaran, 10 pembudidaya perbenihan, dan 21 pembudidaya perbenihan sekaligus pembesaranya dengan total lahan kurang lebih 14 Hektare," jelasnya.

Riza menambahkan untuk produksi rata-rata 5000 ekor per bulannya dengan jumlah kurang lebih 1 ton per bulan. Adapun untuk harga bersaing, untuk grade 1 dengan harga Rp 80.000 per kilogram, grade 2 dengan harga Rp. 40.000 per kilogram  dan grade 3 dengan harga 25.000 per kilogram.

Dikesempatan tersebut dilakukan penyerahan benih dan indukan kepada 1300 pembudidaya ikan yang terdampak, kurang lebih 1 juta ekor bantuan langsung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan seperti Nila, Patin, Lele dan Papuyu sesuai dengan komoditas unggulan di sektor perikanan.

Turut hadir Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, Sekda Banjar H.M Hilman, Para Kepala SKPD Banjar, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin Andi Artha, Camat Karang Intan Muhammad Ilmi, Pembakal Karang Intan, Para Pembudidaya Ikan Lokal, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

(MC.Kominfo Kab Banjar/Zidane/Khairin/Paris)


Komentar