Bupati Banjar Buka Lomba Bercerita SD se-Derajat Tingkat Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar menyelenggarakan  lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar Se derajat  Tingkat Kabupaten Banjar tahun 2021 bertempat di Mahligai Sultan Adam. Martapura, Kamis (18/03/2021) pagi.

Kegiatan yang mengusung tema " Menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter ,kecerdasan , kreatifitas ,dan inovasi generasi muda Indonesia " diikuti 13 peserta dan  dibuka secara langsung oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur dengan turut disaksikan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nur Gita Tiyas , Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yasna Khairina , Plt Kepala Dinas Pendidikan Banjar Liana Penny , Kasatbhinmas Polres Banjar Amalia Afifi serta para guru dan peserta kegiatan .

Dalam sambutannya Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyambut baik atas terselenggaranya lomba bercerita tingkat SD se derajat dan berharap ke depannya bisa menumbuhkan kegemaran budaya membaca di masyarakat terutamanya pada anak anak sebagai generasi bangsa .

" melalui kegiatan ini diharapkan bisa memasyarakatkan perpustakaan dan kegemaran membaca melalui serangkaian kegiatan akan menambah semangat kita dalam meningkatkan pembudayaan gemar membaca," ucapnya .


Ditambahkan beliau diperlukan peran serta pemerintah daerah  dan keluarga dalam upaya membudayakan kegiatan gemar membaca pada anak anak zaman sekarang . 

" Pemerintah dapat menyediakan fasilitas perpustakaan di tempat umum dan segala polosok daerah . Dengan tersedianya perpustakaan dapat menjadi proses belajar mengajar bagi anak anak dan keluarga dalam hal ini orang tua dan guru dapat menumbuhkembangkan mental mereka dalam membiasakan gemar membaca di rumah dan sekolah ," harapnya .

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yasna Khairina yang juga selaku panitia kegiatan  mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat , kemampuan dan kesenangan membaca sebagai faktor utama dan modal penting dalam pendidikan baik formal maupun informal .

" Kami dari dinas berharap dengan support pemerintah dalam menyediakan fasilitas perpustakaan di setiap desa , 1 desa 1 perpustakaan . Sehingga bisa memudahkan masyarakat akan akses baca buku berkualitas dan murah . Mudah mudahan peserta semakin bertambah setiap tahunnya dan bisa mewakili 20 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Banjar ," jelasnya.(Rptr/Kominfobanjar/puad/Hendra)


Komentar