Bupati Banjar Buka Festival Budaya Banjar tahun 2021

Martapura,InfoPublik - Bupati Banjar H. Saidi Mansyur mengatakan, sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Festival Budaya Banjar tahun 2021, dengan beberapa kegiatannya seperti Bamandi Tujuh Bulanan, Lomba Kue Tradisional, Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Produk Unggulan.

 

Dimana tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk peningkatan kualitas hidup dan SDM melalui pemenuhan gizi masyarakat, menumbuhkan kewirausahaan dan peningkatan ekonomi yang berbasis kerakyatan.

 

Hal ini dikatakannya saat membuka resmi kegiatan Festival Budaya Banjar tahun 2021 dihalaman Kantor Bupati Banjar, Jum’at (5/11/2021) pagi.

 

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bagian dari kekayaan budaya Banjar, ritus bemandi tujuh bulanan ini harus terus dilestarikan dan digali kembali sebagai salah satu aset budaya banjar.

 

“Adapun kue atau wadai tradisional tidak dapat dipisahkan dari adat budaya masyarakat Banjar, wadai harus terus dilestarikan sebagai salah satu aset budaya Banjar yang harus diperkenalkan dan diwariskan kepada generasi saat ini dan yang akan datang,”ujarnya.

 

Ditambahkannya, begitu juga melalui lomba masak serba ikan tercipta beraneka ragam menu masakan berbahan baku ikan, distribusi Informasi menu masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat dan edukasi manfaat makan ikan bagi kesehatan masyarakat serta mendorong tumbuh berkembangnya usaha kuliner berbasis ikan,” harapnya.

 

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tiyas menjelaskan, kebudayaan Banjar merupakan salah satu warisan yang harus dilestarikan ditengah dinamika perkembangan dunia saat ini sehingga Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banjar melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banjar untuk menghadirkan Festival Budaya Banjar ini.

 

Usai membuka resmi, Bupati Banjar didampingi Ketua TP PKK Banjar langsung melakukan pantauan ke stand peserta untuk melihat aneka kuliner dan produk yang dilombakan. Turut dalam pantauan ini Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, Sekda Banjar H. M Hilman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Masruri, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah serta dewan juri yang melakukan penilaian. (MC Kominfo Kab. Banjar/Faidillah/Agusoke/Man)


Komentar