BPK Sampaikan Hasil Audit Standar Pelayanan Dan Penyediaan Air Bersih

Martapura, InfoPublik - Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalsel Rahmadi beserta tim lakukan “Exit Briefing Pemeriksaan Kinerja Terinci Atas Upaya Penyediaan Akses Air Minum Yang Aman Serta Penyediaan Sarana Prasarana Sanitasi Untuk Mendukung Kesehatan Lingkungan Tahun 2021 sampai semester I 2022”, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Jumat (9/12/2022) pagi.

Kunjungan diterima Bupati Banjar H Saidi Mansyur, hadir pula Sekda HM Hilman, Kadinkes Yasna Khairina.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalsel Rahmadi menyampaikan, kedatangan pihaknya menyampaikan hasil audit terkait standar pelayanan dan penyediaan air bersih di Kabupaten Banjar. Menurutnya, hal tersebut masih perlu ditingkatkan, seperti pada kebiasaan masyarakat yang menggunakan air di bantaran sungai yang sebenarnya belum bisa dipastikan sehat digunakan sehari-hari.

” Memang ini menjadi tantangan karena sudah menjadi budaya masyarakat Kabupaten Banjar,” ucap dia.

Dikatakan, diperlukan kerja sama semua pihak pemangku kepentingan, agar ada perubahan ke arah yang lebih baik, dalam memberikan pemahaman bersih atau sehatnya menggunakan air bantaran sungai tersebut.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyampaikan, untuk langkah kedepan akan lebih ditingkatkan kerjasama dan arahan kepada para Pambakal (kepala desa) di Kabupaten Banjar untuk membantu memberikan edukasi kepada masyarakat yang ada di bantaran sungai.

Saidi menambahkan, kerjasama di semua pihak kedepannya lebih ditingkatkan. Apa yang telah disampaikan oleh BPK, akan dibenahi dan dijadikan poin utama Pemkab Banjar dalam menentukan arah dan kebijakan selanjutnya, khususnya pada permasalahan penyediaan air bersih yang layak bagi masyarakat.

Selain ketersediaan air bersih yang layak dipertemuan ini juga membahas tentang sanitasi terkait penyediaan sarana dan prasarana. (MC Kominfo Kab. Banjar/Pepen/Paris)


Komentar