BPK RI Apresiasi Pemkab Banjar Terkait Penanganan Pandemi Covid-19

Martapura, InfoPublik – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banjar yang dinilai cukup efektif dalam melakukan penanganan Pandemi Covid-19, berdasarkan Hasil Pemeriksaan Kinerja Atas Efektifitas Penangan Pandemi Covid-19 Bidang Kesehatan Tahun 2020.

Laporan Hasil Pertanggung jawaban ( LHP) Kinerja Penanganan  Pandemi Covid-19 bidang Kesehatan Tahun 2020 tersebut, diserahkan  langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalsel M Ali Asyhar kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman bertempat di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi  Kalsel, Banjarbaru, Selasa (22/12/2020).


Pada sambutannya kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalsel M Ali Asyhar mengatakan bahwa pada semester II tahun 2020 , BPK telah melaksanakan dua jenis pemeriksaan yaitu pemeriksan kinerja dan pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (DTT) dimana sample daerahnya ditentukan oleh pusat.
Ia juga mengatakan pemeriksaan kinerja atas efektivitas penanganan covid-19 dilaksanakan pada empat entitas Pemerintah Daerah yakni Pemprov Kalsel, Pemko Banjarmasin, Pemkot Banjarbaru ,Pemkab Banjar dan Pemkab Tanah Laut.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, BPK menyimpulkan bahwa kinerja atas penanganan Covid-19 bidang kesehatan pada lima  entitas yang telah disebutkan adalah cukup efektif sedangkan pemeriksaan DTT terhadap entitas  Pemprov Kalsel, Pemkab HSS dan Pemkab Tanah Bumbu belum sepenuhnya sesuai dengan perundang undangan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Banjar H Khalilurrahman menyambut baik atas  hasil pemeriksaan  kinerja yang telah dilakukan BPK  dan berharap kedepannya pemerintah daerah bisa semakin meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat terkait penanganan pandemi covid 19 di daerah dan segala rekomendasi yang telah diberikan akan menjadi catatan dan perhatian pemerintah daerah kedepannya.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalsel beserta seluruh jajarannya yang telah melakukan audit terhadap kinerja kami, dan merupakan catatan perbaikan kedepannya, bagaimana strategi yang diberikan BPK bisa ditindaklanjuti terkait penanganan pandemi terutama di bidang kesehatan," ungkapnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Prs)


Komentar