Aunul Khoir Sulap Desa Belangian Menjadi Kampung Sairangan

Aranio,InfoPublik - Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Demikian Pepatah yang menginspirasi Semangat Aunul Khoir  Pambakal Desa Belangian yang baru dilantik beberapa bulan yang lalu oleh Bupati Banjar.


Kurang lebih 20 tahun yang lalu, Desa Belangian termasuk dalam Kategori Desa Miskin di Kawasan Waduk Riam Kanan.


Dapat dibayangkan bagaimana yang namanya miskin, artinya penuh keterbatasan.


Desa yang berpenduduk kurang lebih 86 KK ini, berupaya merubah kondisi yang miskin ini menjadi berkembang dengan baik, modal utamanya adalah Semangat Gotong Royong membangun  desa, dan Semangat itu masih tetap ada sampai saat ini.


Potensi yang ada sedikit demi sedikit mulai digarap, karena masyarakat di sana sadar banyak potensi yang ada bisa diolah untuk menghidupi dan memberikan kesejahteraan kepada mereka.


Beberapa potensi yang ada di Desa Belangian sebagai Anugerah Allah SWT, yang tidak dimiliki oleh Desa lain, Panoramanya yang indah, Air Terjun Lembah Kahung yang mulai dikenal oleh banyak orang, Kayu Berdiameter Besar yang masih hidup dan terpelihara, serta keindahan alam lainnya. Tanah Pertanian yang sangat subur yang memungkinkan untuk bercocok tanam dengan baik


Dibalik berkembangnya Desa ini tentunya tidak terlepas dari Peran Pemerintah Daerah yang terus berupaya dan memacu agar Desa ini semakin berkembang


Tersalurnya Dana Desa dengan baik melalui Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal dan Bantuan-bantuan dari Kementerian/Instansi lainnya sungguh memacu Desa ini untuk berkembang lebih baik.


Dengan adanya Bantuan Dana Desa, Pambakal Aunul berupaya sebaik mungkin untuk memanfaatkannya bagi Kepentingan Masyarakat, Menjalankan Roda Pemerintahan, Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pembangunan Sarana/Prasarana yang diperlukan masyarakat.


Salah satu gerakan untuk Pemberdayaan Masyarakat di Desa Belangian adalah Mengadakan Pelatihan Pembuatan Batik Sasirangan dan Sablon Kaos yang bermotif Sasirangan. Tujuannya adalah supaya Wisatawan yang berkunjung ke Desa Belangian, saat pulang kembali  bisa membawa oleh-oleh dari Belangian.


Dengan demikian perekonomian Masyarakat Desa Belangian boleh terangkat dan kesejahteraan semakin meningkat. Demikian harapan Aunul Khoir, untuk menyulap Desa Belangian menjadi Kampung Sasirangan Baru. (IP Kominfo Kab. Banjar/Brigade Aranio/Nono)


Komentar