Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada, Dandim 1006/Martapura Siapkan 150 Personil TNI

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka Pemilukada serentak tahun 2020 di wilayah Kabupaten Banjar Kodim 1006/Martapura melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilukada, bertempat di Makodim 1006/Martapura, Kamis (3/12/2020) pagi.

Apel dipimpin langsung oleh Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto dan dihadiri Forkopimda Banjar, Wakapolres Banjarbaru, Kejari Kota Banjarbaru, Ketua Bawaslu Banjar, Ketua KPU Banjar, Ketua Bawaslu Banjarbaru, serta tim dari calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar.

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto dalam sambutannya mengatakan, dengan digelarnya apel ini maka diharapkan seluruh personil TNI dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.

"Kita memberikan Support dan dukungan moril kepada penyelenggara Pilkada, yakni KPU dan Bawaslu dalam kegiatan pilkada ini," ucapnya.

Ditambahkan Letkom Arm Siswo, selain mendukung penyelenggaraan Pilkada, para personil TNI juga tetap harus melaksanakan operasi penegakan disipilin protokol kesehatan baik kepada diri sendiri serta kepada masyarakat.

"Ditengah pandemi Covid-19, kita harus tetap melaksanakan operasi disiplin dan selalu mengawal serta mengamankan Pilkada agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 yang lebih luas," tambah Dandim.

Ketua KPU Banjar Muhaimin mengatakan deklarasi damai ini dimaksudkan untuk komitmen bersama penyelenggara dan peserta  demi kelancaran pilkada agar berlangsung tertib dan aman 

"Mari kita bersama-sama berkomitmen agar memberikan rasa aman dan kepastian hukum supaya tidak terjadi sengketa atau masalah tidak terduga, mohon nantinya pasangan calon tidak mengumumkan dahulu statement kemenangan sebelum pengumuman resmi dari KPU ," harapnya .

Kodim 1006/Martapura menyiagakan sebanyak 150 Personil TNI yang akan bergerak sesuai arahan. Serta 250 Personil pasukan cadangan yang siap siaga di Kodim 1006 Martapura, untuk menghindari terjadinya situasi yang tidak dikehendaki.

Diakhir apel juga digelar penandatanganan Deklarasi damai oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar. (MC Kominfo Banjar/Rzq)


Komentar