Luas Tanam Bulan Juni Diharap Melebihi Capaian Tahun Lalu

Martapura, InfoPublik - Menjadi simple monitoring APBN bantuan Kementerian Pertanian dan target luas tanam diharap sama dengan tahun yang lalu atau bisa melebihi, dan itu diiringi dengan luas panennya.


Hal ini disampaikan Kabid Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan Nurul Chatimah saat menjadi pembina Apel Gabungan Lingkup Dinas Pertanian, di Halaman Kantornya, Tungkaran Martapura, Selasa (28/6/2022).


“Kita di Kabupaten Banjar menjadi simple untuk monitoring kegiatan APBN atau bantuan Kementrian Pertanian terkait dengan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), Saprodi Serelia dan Irigasi Tesier,"ujar dia.


Dijelaskan Nurul Chatimah, ada tiga lokasi Kecamatan yang menjadi yang telah dimonitoring yaitu Kecamatan Tatah Makmur, Kecamatan Kertak Hanyar dan Kecamatan Sungai Tabuk. Namun dalam pelaksanaannya bertambah satu Kecamatan yaitu Kecamatan Martapura Barat.


"Terkait luas tanam di Kabupaten Banjar sampai bulan Mei 2022 ini mencapai 49.292 Ha, ini berkurang sekitar 1.400 Ha dibanding tahun yang lalu di bulan yang sama di periode yang sama,"jelas dia


Harapannya pada Bulan Juni pencapaian target luas tanam sama dengan tahun yang lalu atau bisa melebihi, dan itu diiringi dengan luas panennya.


"Untuk kegiatan tanaman pangan pada tahun dapat alokasi Padi Biofortifikasi seluas 250 Ha yang tersebar di enam Kecamatan,"tutur dia.


Dari komoditas Hortikultura dapat dari pusat alokasi untuk kawasan hortikultura atau pengembangan kampung buah ada lima komoditas yaitu jeruk, melati, cabai, bawang merah dan jahe.


"Dari kegiatan perkebunan ada peremajaan karet untuk luas 100 Ha yaitu 80 Ha di Kecamatan Simpang Empat dan 20 Ha di Kecamatan Pengaron,"pungkas dia.


Pada Apel ini menjadi petugasnya Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan. Kegiatan ini yang menjadi Komandan Apel Kasi Pengembangan Sarana Pertanian Gusti Rahmatullah dihadiri seluruh ASN dan PTT. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin)


Komentar